RW Tangguh Semeru, Solusi Warga Desa Senduro Atasi Dampak Pandemi

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Berbagai cara dilakukan warga untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 atau virus Corona. Salah satunya dengan konsep RW Tangguh Semeru seperti yang dilakukan warga di Rukun Warga 15 dan 16, Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (8/8/2020).

RW Tangguh Semeru dengan konsep sedekah hijau ini mengajak setiap warga bersedekah secara suka rela dan gotong royong membangun lumbung pangan mandiri. Salah satunya dengan menanam sayur mayur dan memelihara ikan air tawar di depan rumah mereka.

Dimana setiap warga secara suka rela memberikan sedekah tanaman seikhlasnya dan mengambil secukupnya, mulai dari kebutuhan pokok, lauk pauk hingga berbagai kebutuhan dapur di depan rumah mereka.

“Terbantu sekali mas, soalnya kita yang memiliki rezeki lebih bisa bermanfaat untuk tetangga kita sendiri,” ungkap Tanti Sri Yunani, salah seorang warga RW 16.

Selain itu, warga juga menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, hingga menyediakan rumah karantina untuk warga pendatang.

RW tangguh ini sengaja dibentuk oleh warga untuk mengatasi dampak pandemi terutama dampak ekonomi dan kesehatan bagi setiap warga.

“Selain bisa membantu tetangga sendiri, rasa gotong royong dan kerukunan bisa kami jaga bersama,” terang Ketua RW 16, Hendri Purwoko.

Inisiasi RW Tangguh Semeru ini tak luput dari peran serta pihak desa bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat yang secara intens melakukan pemantauan terhadap potensi penularan Covid-19.

“Sudah menjadi kewajiban para Babinsa dan Bhabinkamtibmas di setiap desa menjaga kerukunan dan harus selalu menjadi solusi jika warga membutuhkannya, apalagi di tengah pandemi,” puji Komandan Kodim 0821 Lumajang, LETKOL INF Andi Andriyanto Wibowo.

Hasilnya, hingga saat ini di Kecamatan Senduro masih belum ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau masih bertahan di zona hijau. (rokhmad)