Plt Walikota Blitar Serahkan Bantuan Program Rehab Rumah

by -
Plt Walikota Blitar beserta kepala dinas PUPR, pihak Bank Jatim bersama warga. (Foto: ArahJatim.com/adv.hms/mua)

Blitar, ArahJatim.Com – Guna membantu masyarakat kecil untuk perbaikan rumah, Pemerintah Kota Blitar memberikan bantuan rehab rumah. Pemberian bantuan untuk rehab rumah ini dilaksanakan langsung oleh Plt Walikota Blitar Drs Santoso di Ruang Majapahit Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Selasa (05/11/2019).

Sebanyak 178 rumah dari 7 Kelurahan mendapatkan bantuan yang disalurkan dan ditaruh dalam rekening Bank Jatim. 7 Kelurahan tersebut yakni Kelurahan Gedog, Kelurahan Bendogerit, Kelurahan Tanjungsari, Kelurahan Blitar, Kelurahan Turi, Kelurahan Karangsari dan Kelurahan Tlmpu.

Baca Juga :

Dalam sambutannya, Plt walikota Blitar Drs Santoso mengatakan, bantuan rehab untuk rumah ini, diambilkan dari dana DAK dan juga APBD Kota Blitar. Total hari ini ada 178 rumah yang mendapat bantuan.

“Satu rumah mendapat 17,5 juta untuk perbaikan rumah mereka, yang uangnya ditaruh dalam rekening Bank Jatim. Diharapkan uang tersebut hanya dipergunakan untuk perbaikan rumah bukan untuk keperluan lain,” terang Plt Walikota Blitar Drs Santoso.

Santoso menambahkan, target pemerintah Kota Blitar tahun 2021 sebanyak 1200 rumah yang nanti akan mendapatkan bantuan. Sekarang sudah 700 rumah atau 60 persen dari warga Kota Blitar.

“Kami berharap,bedah rumah nanti akan dilaksanakan secara total, jadi tidak hanya bantuan perbaikan,namun rehab rumah secara total, sehingga masyarakat bisa menikmati hasil bedah rumah dari Pemkot Blitar.” Tambah Santoso.

Sementara Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Blitar Erna Santi mengatakan, untuk saat ini 45 unit sudah selesai seratus persen, 78 unit mencapai 80 persen dan 55 unit sedang berjalan.

“Di kota Blitar terdapat 1200 unit rumah tidak layak huni. Dan sampai tahun 2019 ini kami sudah melakukan penanganan sebanyak 794 unit rumah. Sedangkan target kami hingga tahun 2021 nanti, 1200 unit rumah selesai. Dana untuk bedah rumah ini, 178 unit rumah dana dari DAK, 42 dari APBD dan 300 unit dari APBN. Ujar Erna Santi. (adv.hms)