Sejumlah Proyek Molor, Anggota Dewan Dan Dinas PUPR Kota Blitar Gelar Sidak

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48958536831_5895ce3e69_b.jpg
Karena menilai progres pembangunan sejumlah proyek fisik berjalan lambat, anggota Komisi III DPRD Kota Blitar dan Dinas PUPR Kota Blitar menggelar sidak ke sejumlah proyek pembangunan di Kota Blitar, Jumat (25/10/2019). (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Anggota Komisi III DPRD Kota Blitar dan Dinas PUPR Kota Blitar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah proyek pembangunan di Kota Blitar, Jumat (25/10/2019). Sidak ini dilakukan, menyusul progres pembangunan sejumlah proyek fisik di Kota Blitar yang dinilai masih lambat.

Banyak proyek fisik yang progres pekerjaannya masih di bawah 50 persen hingga Oktober 2019. Padahal, sejumlah proyek fisik itu ditargetkan harus selesai pada akhir Desember 2019.

Ada lima proyek fisik yang disidak Komisi III DPRD Kota Blitar. Kelima proyek fisik itu, pembangunan taman di lahan bekas kantor Kelurahan Bendo, pembangunan jalan tembus di Kelurahan Gedog, pembangunan Jalan Maluku, pembangunan Jalan Halmahera dan pembangunan Kelurahan Karangtengah.

Komisi III mengecek satu per satu pekerjaan pembangunan kelima proyek fisik itu. Dari pantauan Komisi III, progres pekerjaan sejumlah proyek itu rata-rata masih di bawah 50 persen.

“Progres pekerjaan sejumlah proyek fisik masih lambat. Misalnya, pembangunan Jalan Maluku sampai Oktober ini progresnya masih mencapai 40 persen,” kata anggota Komisi III DPRD Kota Blitar, Rido Handoko, usai sidak ke sejumlah proyek fisik di Kota Blitar.

Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan hasil dari sidak ini akan menjadi bahan evaluasi dewan terhadap pembangunan proyek fisik di Kota Blitar. Hasil evaluasi ini menjadi rekomendasi dewan ke organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani proyek fisik.

“Dalam sidak ini, kami mengecek progres pekerjaan dan spesifikasi pembangunan proyek. Hasilnya akan kami rapatkan untuk bahan evaluasi kepada OPD,” katanya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Erna Santi mengatakan semua proyek berjalan sesuai kontrak kerja, sejumlah proyek itu harus selesai pada akhir Desember 2019. Menurutnya, sampai sekarang proses pekerjaan proyek sudah berjalan sesuai target.

Dia optimistis pembangunan sejumlah proyek fisik itu selesai hingga akhir Desember 2019.

“Selama tidak ada halangan, semua pekerjaan proyek selesai akhir Desember 2019. Saat ini, semua pekerjaan sudah berjalan sesuai target,” katanya.

Dikatakannya, untuk pekerjaan pembangunan Jalan Maluku sudah sesuai target. Menurutnya, progres pembangunan Jl Maluku ditargetkan mencapai 40 persen pada Oktober 2019 ini. Sekarang progres pekerjaan pembangunan Jalan Maluku sudah mencapai 46 persen.

“Progres pekerjaan pembangunan Jalan Maluku malah sudah melebihi target. Targetnya pada Oktober ini progres pekerjaannya sudah mencapai 40 persen, tapi sekarang progresnya sudah mencapai 46 persen,” ujarnya. (mua)