Peringati Sumpah Pemuda, Ribuan Pelajar Blitar Menari Tarian Kolosal Celeng

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48972993471_b9a8ea26af_b.jpg

Blitar, ArahJatim.com – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, ribuan pelajar Sekolah Menengah Atas se-Blitar Raya terlibat pergelaran Tarian Kolosal Celeng di Alun-Alun Kanigoro, Kabupaten Blitar, Senin (28/10/2019).

Ribuan pelajar putra dan putri itu memilih untuk melestarikan budaya warisan bangsa di hari Sumpah Pemuda. Mereka terlihat tidak canggung dengan pakaian dan riasan tradisional.

Salah-satu penari tarian celeng Agnesa Ananda Shelyn (16) mengaku tidak susah mempelajari tarian celeng. Pasalnya, siswi dari SMKN 1 Kademangan itu sebelumnya sudah aktif belajar tari jaranan.

“Tidak sulit karena saya juga menari jaranan. Bedanya sama jaranan itu di bagian koreografinya. Dua minggu latihan sudah bisa. Dan dengan momen Sumpah Pemuda ini, saya berharap kepada generasi muda khususnya pelajar, untuk lebih mengembangkan budaya lokal Indonesia, daripada budaya asing,” kata Agnesa.

Tarian ini merupakan bagian dari acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 serta Hari Jadi Pemprov Jawa Timur ke-74. Tari Celeng merupakan salah satu tarian yang ada di dalam pertunjukan kuda lumping.

Selain tari celeng, ada juga pelajar yang menarikan tari jaranan atau kuda lumping serta tari barong. Total pelajar keseluruhan yang berpartisipasi dalam kegiatan itu ada 2.300 orang dan 2.019 di antaranya penari celeng.

“Ini adalah persembahan para generasi milenial. Para pelajar remaja ini bagian dari pemuda. Jadi tidak salah manakala Sumpah Pemuda ini mereka berpartisipasi dengan (menarikan) tari kuda lumping,” ujar Bupati Blitar Rijanto.

Sebelum menari, para pelajar terlebih dulu mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-Alun Kanigoro Kabupaten Blitar. Setelah melakukan tarian bersama, mereka membubarkan diri untuk kembali ke sekolah masing-masing. (mua)