Bahayakan Pengguna Jalan, Satpol PP Pamekasan Bongkar Hunian Liar PMKS

oleh -
Tak hanya tegas memimpin eksekusi, Kabid Tibum Satpol PP yang cantik ini juga tak segan turut membersihkan tumpukan material. Kabid Tibum Pol.PP Pamekasan, Nurhidayati Rasuli bersama Camat Tlanakan, Muttakin, saat pembongkaran hunian sdr. Ningnang di tepi Jalan Raya Tlanakan, Pamekasan. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Pemkab Pamekasan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pamekasan bersama Forpimka Tlanakan dan dinas terkait melakukan penertiban hunian liar penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jalan Raya Tlanakan, Jumat (4/9/2020).

Setelah sehari sebelumnya berkoordinasi dengan Forpimka Kecamatan Tlanakan dan dinas terkait, hunian liar milik Ningnang akhirnya digusur dan dibakar. Mengingat hunian kumuh semi-permanen yang terbuat dari bahan bekas tidak layak pakai ini semakin lama semakin membahayakan para pengguna jalan dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Kabid Tibum Satpol PP, Nurhidayati Rasuli mengatakan, tindakan penertiban ini terpaksa dilakukan untuk mengembalikan tatanan perkotaan agar tidak terlihat kumuh dan mengganggu kenyamanan para pengguna jalan.

“Tindakan tegas terhadap hunian sdr. Ningnang ini diambil agar tidak ada lagi (hunian-hunian) penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lain yang bermunculan. Karena keberadaannya membuat tatanan perkotaan, kecamatan, pedesaan bahkan perkampungan terlihat kumuh, serta membuat masyarakat sekitar kurang nyaman,” tegas Kabid yang murah senyum ini.

Tumpukan pasir, ban bekas dan bambu yang hampir menutupi jalan raya ini sangat membahayakan para pengguna jalan. Terlebih di malam hari yang kondisinya minim cahaya. Material berupa kayu, bambu dan tumpukan sampah dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Tumpukan sirtu, ban bekas dan bambu sangat berbahaya bagi pengguna jalan raya dan sudah berbau akibat tumpukan sampah. Jadi kami bakar dengan menyiagakan Damkar mengingat di musim kering, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Nurhidayati.

Tak hanya tegas memimpin eksekusi, Kabid Tibum Satpol PP yang cantik ini juga tak segan berjibaku bahu-membahu bersama Camat Tlanakan, personel TNI-Polri, dan perangkat desa membersihkan tumpukan material. (adv/ndra)