Komunitas Mobil Tua Bersama Satlantas Polresta Banyuwangi Bagikan Ratusan Masker Gratis

oleh -

Banyuwangi, Arahjatim.com – Di tengah merebaknya pandemi virus corona (Covid-19), kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker saat berkendara tampaknya masih sangat minim. Kondisi tersebut membuat sejumlah kalangan ikut tergerak untuk ikut serta mengkampanyekan penggunaan masker saat keluar rumah kepada para pengguna jalan raya guna mencegah penyebaran Covid-19.

Komunitas penggemar mobil tua Corolla DX bersama petugas Satlantas Polresta Banyuwangi berkampanye sambil bagi-bagi ratusan masker secara gratis kepada para pengendara. Sejumlah pengendara motor maupun mobil yang tidak menggunakan masker dihentikan petugas kepolisian dan langsung diberi masker.

“Bapak ibu mohon maaf bagi yang tidak menggunakan masker berhenti sejanak. Kami bersama komunitas mobil Corolla DX akan membagikan masker gratis,” harap Iptu Dartik Haryati, Kanit Direktorat Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polresta Banyuwangi dengan menggunakan pengeras suara (megaphone), Sabtu (11/4/2020) siang.

Setelah mendapatkan masker, pengendara juga diimbau agar terus memakai masker saat berkendara di jalan raya atau di tempat lain. Sementara, sembari membawa pamflet bertuliskan imbauan, sejumlah anggota komunitas mobil Corolla DX, mengajak warga agar selalu menjaga pola hidup bersih saat di rumah maupun di luar rumah.

“Kami mewakili komunitas mobil tua Corolla DX Banyuwangi membagikan masker agar pengendara selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Kami membagi sekitar 300 masker hasil swadaya dari komunitas menggandeng polisi lalu lintas karena kegiatan kami di jalan raya biar lancar arus lalu lintas,” ucap Nurcholis Ketua Komunitas Corolla DX Banyuwangi.

Selain mengimbau agar selalu menggunakan masker jika bepergian, anggota komunitas juga mengajak warga agar selalu mencuci tangan dengan sabun, menerapkan physical distancing atau menjaga jarak. Kurang lebih 500 buah masker dibagikan secara gratis kepada para pengguna jalan raya termasuk tukang becak dan warga sekitar.

Petugas Satlantas Polresta Banyuwangi menyerahkan masker kepada pengguna jalan raya. (Foto: arahjatim.com/ful)

“Kami bekerja sama dengan komunitas Corolla DX Banyuwangi membagikan masker gratis. Dari Polresta menyediakan 200, komunitas Corolla DX 300, total 500 masker. Pengguna jalan raya yang tidak menggunakan masker langsung kami beri. Karena apa, kita sangat peduli kesehatan agar tidak tertular virus corona,” kata Iptu Dartik Hariyati, Kanit Direktorat Rekayasa  (Diyaksa) Satlantas Polresta Banyuwangi.

Bagi-bagi masker secara gratis ini mendapatkan respons positif dari masyarakat. Sebab ketersediaan masker di pasaran saat ini sangat sulit dijumpai. Pihak Satlantas juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan komunitas mobil tua di Banyuwangi ini. Hal ini sebagai upaya  mencegah penyebaran Covid-19 yang hingga kini belum ditemukan obatnya.

Dengan banyaknya warga yang peduli dan ikut mengkampanyekan pentingnya pencegahan Covid-19, diharapkan warga lainnya juga ikut tergerak untuk selalu menjaga diri agar terhindar dari Covid-19, salah satunya dengan menggunakan masker.

“Ini bagus, selain ikut kampanye keselamatan Covid-19 juga ikut memberikan sosialisasi kepada warga agar selalu menggunakan masker saat berkendara. Ini wajib dilakukan saat pandemi corona seperti saat ini,” pungkas Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Banyuwangi. (ful)