Imbau Warga Tak Mudik, Polisi di Banyuwangi Ciptakan Lagu “Jangan Mudik”

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Lagu berjudul “Jangan Mudik” yang dinyanyikan oleh Kasubdit I Unit Laka Lantas Polresta Banyuwangi, Aiptu Gatot DH, viral di media sosial. Dalam lirik video lagu ini, tidak hanya berisi imbauan agar warga tak melakukan aktivitas mudik di tengah pandemi virus corona.

Namun, juga terdapat beberapa ajakan agar warga selalu mencuci tangan, menggunakan masker jika bepergian, serta menghindari kerumunan sebagai mana anjuran yang sudah tertuang dalam Maklumat Kapolri.

Karena semakin viral dan menuai banyak pujian netizen di media sosial, beberapa anggota kepolisian lainnya pun mengemas lagu ini ke dalam video clip yang lebih menarik dengan aransemen musik pop dan dangdut.

Selain versi bahasa Indonesia, Aiptu Gatot juga menciptakan lagu dalam versi kendang kempul berbahasa Using berjudul “Pesene Lare Using”. Dengan harapan warga masyarakat di desa-desa bisa dengan mudah memahami dan mengikuti anjuran agar selalu menjaga jarak, physical distancing.

Aiptu Gatot menuturkan, lagu ini diciptakan lantaran atas keprihatinannya. Sebab saat melakukan patrol keliling kampung pencegahan Covid-19, masih banyak ditemui warga yang tidak menggunakan masker saat berkumpul di satu tempat.

Berawal dari keprihatinan itulah, Aiptu Gatot yang kesehariannya bertugas sebagai penyidik di unit Laka Lantas Polresta Banyuwangi ini terinspirasi menciptakan sebuah lagu imbauan. Tidak disangka, video lagu berlogo Satuan Lalu Lintas Polresta Banyuwangi yang diunggah ke media sosial saat ini semakin viral.

Karena liriknya sederhana dan mudah dihafal, warga pun kini banyak yang ikut membagikan lagu ini ke media sosial pribadinya dan dijadikan nada dering di handphone sebagai bentuk kampanye pencegahan Covid-19.

“Di lapangan banyak warga tidak mematuhi anjuran pemerintah, saya prihatin dan terinspirasi membuat lagu imbauan ke dalam video clip. Satu lagu berbahasa Indonesia, satunya lagu daerah Banyuwangi. Alhamdulillah, lirik lagu ini saya ciptakan hanya dua jam.

“Isinya mengajak warga untuk hidup sehat dengan mencuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkumpul. Di reff lagunya juga ada ajakan agar masyarakat tidak mudik Lebaran, “ ujar Aiptu Gatot DH, pencipta lagu “Jangan Mudik” Sabtu (25/4/2020).

Lagu “Jangan Mudik” ini dinilai efektif bisa mengingatkan warga untuk selalu hidup sehat dan menjaga jarak. Melalui sebuah lagu, diharapkan upaya pencegahan penularan Covid-19 yang dilakukan pemerintah bisa dipatuhi dan dijalankan oleh masyarakat dengan baik agar penularan virus corona tidak semakin menyebar luas.

“Lagu yang diciptakan Pak Gatot ini liriknya mudah dihafal. Semakin sering kita gaungkan dan didengarkan masyarakat tentu imbauan yang kami berikan kepada masyarakat bisa langsung mengena ke masyarakat luas. Kami harap masyarakat bisa mematuhi anjuran agar tetap stay home sebagai langkah pencegahan covid-19 itu sendiri,” tambah Iptu Ardhi Bita Kumala, Kanit Laka Lantas Polresta Banyuwangi. (ful)