Khofifah Berjanji Akan Fasilitasi Industri Pengolahan Buah Khas Lumajang

oleh -
Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa menyapa warga di Pasar Baru Lumajang, sekaligus membeli sejumlah buah dan sayuran. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang,ArahJatim.com – Pasar masih menjadi magnet bagi calon kepala daerah dalam mendulang suara di pilkada tahun ini, seperti yang dilakukan calon gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa. Selain menyapa sejumlah pedagang, sesekali ia membeli aneka buah dan sayur di Pasar Baru Lumajang pada Jumat (6/7/18).

Bahkan, disela-sela ia belanja, relawan dan sejumlah pedagang di pasar induk Lumajang ini bernyanyi bersama untuk menarik perhatian warga.

Berbagai persolan pasar, ditangkap oleh cagub Khofifah, terutama mengenai pengolahan produk buah-buahan lokal produksi kota yang ada di lereng gunung Semeru ini.

“Disini potensi aneka buah lokalnya sangat banyak,” ungkap Khofifah Indar Parawansa.

Pihaknya berjanji akan memfasilitasi industri pengolahan buah khas lumajang, seperti pisang, nangka, hingga durian. Terutama intervensi dalam bidang teknologi. Mulai dari inovasi produk buah lokal, pengemasan, hingga pemasarannya.

“Harus dipastikan, buah asal Lumajang ini tak hanya dijual buahnya saja, melainkan selain dipetik, dikemas baru dijual agar nilai jualnya lebih tinggi,” tambahnya.

“Pastinya, mereka harus mendapatkan fasilitas pelatihan life skil soal pengolahan buah ini,” pungkasnya.

Selain blusukan ke pasar tradisional, Khofifah juga akan menemui sejumlah tokoh agama, baik tokoh agama Islam maupun agama Hindu, agar dirinya bisa menang dalam pemilihan gubernur Jawa Timur pada 27 Juni mendatang. (rokhmad)