Inilah Janji-Janji Puti Kepada Warga Kampung Labu Madu Toyoresmi

oleh -
Di sela-sela safari kampanyenya, Puti Guntur Sukarno menyempatkan diri berkunjung ke kampung labu madu di Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem. (Foto: arahjatim.com/das)

Kediri, ArahJatim.com – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Sukarno mendatangi kampung labu madu di Kabupaten Kediri Jawa Timur yang dikelola oleh kelompok tani dan warga. Pasangan calon gubernur nomor dua ini, menilai kampung labu madu bisa dikembangkan menjadi tempat wisata berbasis agrowisata sesuai program Seribu Dewi untuk meningkatkan ekonomi warga desa.

Dalam safari kampanyenya di Kediri, calon Wakil Gubernur nomor urut dua ini menyempatkan diri berkunjung ke kampung labu madu di Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem. Wilayah ini mempunyai potensi sebagai penghasil buah labu madu yang dikelola oleh kelompok tani Sekar Gading yang beranggotakan 20 orang petani.

Selain petani, warga sekitar juga memanfaatkan lahan kosong di halaman untuk menanam labu madu, untuk tambahan penghasilan.

“Dengan munculnya wisata berbasis agrowisata potensi buah labu madu ini bisa diolah menjadi beraneka produk makanan. Sehingga memunculkan pelaku UMKM baru. Sehingga meningkatkan taraf ekonomi warga, dan kawasan ini berpotensi dijadikan wahana wisata berbasis agrowisata dan bisa disasar oleh program Seribu Dewi”, ujarnya

Puti juga berjanji akan memberikan fasilitas seperti pelatihan-pelatihan bagi pengelola dan pelaku UMKM untuk mengola labu madu menjadi produk turunan yang bisa bersaing dengan produk-produk UMKM lainya. (das)