Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI ke-75 Berjalan Khidmat

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Acara tersebut dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Pare, Senin (17/8/20) dini hari pukul 00.00 WIB.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, apel dan renungan suci kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan jumlah peserta apel dibatasi, namun tetap dilaksanakan dengan khidmat sebagai salah satu rangkaian HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, S.I.K.,M.H. Hadir pulajajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Dede Sujana, S.Sos, M.Si., dan instansi terkait.

Dengan penerangan lampu obor,Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengajak untuk berdoa dan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Terdapat 483 pahlawan disemayamkan di TMP ini, terdiri dari 365 TNI/Polri, 1 PNS, 57 pejuang rakyat, dan pahlawan tak di kenal sebanyak 60 orang.

AKBP Lukman Cahyono juga menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan pahlawan dalam pengabdian dan perjuangan untuk bangsa dan negara.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan yang ditempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan kita diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat sebaik-baiknya,” ucap AKBP Lukman Cahyono.

AKBP Lukman Cahyono, S.I.K.,M.H., mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang gugur mendahului kita. Karena atas perjuangan mereka, kita bisa hidup di alam kemerdekaan hingga sekarang ini.

“Saat ini situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Kediri sangat kondusif.Artinya masyarakat dapat beraktifitas normal tanpa ada keresahan dan kecemasan,semuanya normal. Secara umum situasi aman dan kondusif,” jelasKapolresKediri.

“Untuk semua masyarakat pada hari kemerdekaan ini,harus berjiwa nasional yang tinggi. Artinya kita harus mencintai bangsa kita dengan cara tidak melanggar hukum, mentaati semua ketentuan dalam masa pandemi,serta patuh pada instruksi pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan.Sehingga harapannya masyarakat tetap produktif namun aman dari covid-19,” harap AKBP Lukman Cahyono. (Kominfo)