Angkut Pemudik Menuju Malang, Mobil Travel Gelap Terjaring Razia di Blitar

oleh -
Petugas Satlantas Polres Blitar mengamankan mobil travel gelap di pos check point Operasi Ketupat Semeru di Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Kamis, (14/5). (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Guna mengantisipasi masuknya pemudik ke wilayah Blitar, serta mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Polres Blitar menggelar penyekatan dan pos check point di beberapa titik. Hasilnya, petugas Satuan Lalu lintas Polres Blitar mengamankan sebuah mobil travel yang membawa penumpang yang akan mudik dari Tulungagung menuju Malang, Kamis (14/5/2020).

Petugas menghentikan mobil tersebut pada saat penjagaan atau penyekatan di pos check point Operasi Ketupat Semeru di Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Kendaraan berjenis Toyota Innova warna abu-abu tersebut ditumpangi lima penumpang.

“Awalnya sopir beralasan membawa keluarga pribadi, namun petugas tidak begitu saja percaya,” terang Kasatlantas Polres Blitar AKP Yoppy Anggi Krisna.

Baca juga:

Yoppy menambahkan, untuk mendapatkan informasi lebih jauh, petugas meminta penumpang turun satu persatu untuk dimintai keterangan. Kemudian, petugas mengumpulkan seluruh KTP penumpang.

“Dan setelah masing-masing penumpang dimintai keterangan satu per satu. Ketahuan bahwa salah satu penumpang menelepon agen travel di Tulungagung untuk pergi ke Malang,” jelasnya.

Yoppy mengemukakan, akhirnya semua penumpang dan sopir mengaku bahwa kendaraan tersebut adalah mobil travel dengan plat nopol hitam. Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa sopir dan empat penumpangnya merupakan warga Kabupaten Tulungagung dan satu penumpang warga Kota Malang.

“Untuk kendaraan kami lakukan penindakan tilang menggunakan Pasal 308 Jo 173 Ayat 1 Huruf (A dan B) UU nomor 22 tahun 2009 (Surat izin trayek),” jelas Yoppy.

Sedangkan penumpang diturunkan di pos check point Kademangan dan dilakukan pendataan serta cek kesehatan. Petugas kemudian mengembalikan penumpang ke daerah asal dengan cara mencarikan tumpangan kendaraan.

 “Kami juga menahan kendaraan Travel Toyota Innova tersebut di Polres Blitar,” pungkas Yoppy. (mua)