Baru Kenal Dua Bulan, Sepasang Kekasih Warga Jember Kompak Curi Motor di Banyuwangi

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Maraknya aksi pencurian di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang lebaran disikapi jajaran Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi. Dalam kurun waktu kurang dari sepekan, enam orang yang diduga sebagai pelaku aksi kejahatan pencurian di berbagai wilayah berhasil dibekuk.

Menariknya dari kasus tersebut adalah aksi kejahatan pencurian sepeda motor (Curanmor) yang melibatkan sepasang kekasih terjadi di wilayah Kecamatan Rogojampi. SM (24) dan IM warga Desa/Kecamatan Silo Jember ini kompak mencuri sepeda motor Honda Beat Nopol P 5866 MM yang terparkir di pinggir jalan raya Desa Mangir saat ditinggal pemilikya ke sawah.

Namun aksinya gagal karena korban mencurigai gerak-gerik kedua pelaku yang mendekati sepeda motor miliknya. Ia langsung meneriaki maling terhadap dua pelaku. Setelah dilakukan pengejaran dibantu warga, IM wanita berambut pirang warna kuning ini berhasil ditangkap di Desa Blimbingsari dan sempat jadi sasaran amuk warga. Sedangkan kekasihnya (SM) berhasil lolos bersama sepeda motor hasil curian.

Baca juga:

“Awalnya korban melihat gerak-gerik pelaku mencurigakan langsung teriak maling. Warga yang mendengar, melakukan pengejaran terhadap dua pelaku. IM berhasl ditangkap, dan langsung diserahkan ke  Polsek Rogojampi bersama sepeda motor yang digunakan. Sementara, kasihnya berhasil lolos,” kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin kepada sejumlah awak media termasuk Arahjatim.com, Rabu (13/5/2020).

Arman menambahkan, dalam menjalankan aksi kejahatannya, IM bertugas mengawasi situasi sekitar tempat kejadian perkara (TKP). Sedangkan SM yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) bertindak sebagai eksekutor pencurian sepeda motor dengan berbekal kunci palsu yang sudah siapkan.

Dari hasil pemeriksaan sementara, sepasang kekasih yang baru berkenalan dua bulan melalui media sosial (medsos) Facebook ini ternyata sudah pernah melakukan aksi yang sama di wilayah Kecamatan Muncar sebulan lalu.

“IM ini baru kenal sama pacarnya dua bulan lalu melaui Facebook. Ternyata sebelumnya keduanya juga pernah melakukan aksi pencurian, TKP-nya di Kecamatan Muncar. Dalam menjalankan aksinya pelaku SM selalu membawa kunci palsu,” tambah Kapolresta.

Atas peristiwa ini warga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan saat memarkir kendaraan baik di pinggir jalan maupun di rumah. Agar tidak menjadi sasaran pelaku kejahatan pencurian sepeda motor yang akhir-akhir ini marak terjadi.

“Kami mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaanya jika meninggalkan kendaraan baik itu di pinggir jalan atau di manapun. Pelaku IM dijerat dengan pasal 363 ke 4e, 5e KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman pidana penjara di atas lima tahun,” pungkas, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin. (ful)