Beginilah Resepsi Pernikahan Ala Protokol Kesehatan Covid-19

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Setelah lama tertunda akibat pandemi Covid-19, akhirnya Budi dan Risma sepasang pengantin dari Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Lumajang bisa melaksanakan akad nikah dan melangsungkan resepsi pernikahan di Gedung Narawita Agung, Jl. Ahmad Yani Lumajang. Uniknya resepsi pernikahan mereka digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, Senin (10/08/2020).

Tidak hanya sang pengantin, seluruh tamu yang menghadiri pesta pernikahan ini secara sukarela mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah mulai dari cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker dan tidak lagi bersalaman dengan sang pengantin. Bahkan, saat menyantap makanan para tamu diminta untuk menjaga jarak.

Protokol kesehatan ini sengaja diberlakukan oleh pihak panitia penyelenggara resepsi guna menjaga tamu undangan agar tidak terpapar virus corona.

“Sesuai dengan arahan pemerintah, maka seluruh keluarga dan tamu undangan kita jaga mas, agar tidak melanggar protokol kesehatan. Supaya tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19 mas,” ungkap Ferdiansyah, ketua penyelenggara Resepsi Pernikahan.

Menurut Bupati Lumajang, pemberian kelonggaran untuk melaksanakan resepsi pernikahan tertuang dalam Peraturan Bupati Lumajang, dengan catatan harus mematuhi seluruh protokol kesehatan Covid-19.

Di antaranya, seluruh pengunjung acara harus mencuci tangan, memakai masker hingga jumlah kunjungan dalam acara tersebut hanya diperbolehkan 50% dari total kapasitas gedung.

“Itu semua kami atur agar masyarakat tetap bisa berkegiatan, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Thoriqul Haq, Bupati Lumajang.

Penerapan protokol kesehatan ini harus benar-benar dipatuhi agar acara resepsi pernikahan maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19. (rokhmad)