Usai Berziarah Ke Makam Bung Karno, Ini Yang Disampaikan Rizal Ramli…

oleh -
Rizal Ramli menyatakan kesiapannya maju dalam Pilpres tahun 2019 mendatang usai berziarah ke makam Bung Karno (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, Arahjatim.com – Rizal Ramli yang merupakan seorang ekonom, siang tadi berziarah ke makam Bung Karo di Kelurahan Bendogerit Kota Blitar. Usai mendoakan arwah mendiang Bung Karno dan melakukan tabur bunga di atas pusara Bung Karno, Rizal Ramli menyatakan kesiapan maju dalam Pilpres Tahun 2019 mendatang.

Alasan ia maju dalam Pilpres nanti, karena merasa prihatin dengan banyaknya warga Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Menurut dia, ada sekitar 40 persen warga yang yang belum bisa menikmati arti kemerdekaan.

“Negara kita kaya banget, negara paling kaya se-Asia Tenggara, tapi kok masih ada 40 persen yang di bawah, belum bisa menikmati arti kemerdekaan, makan susah. Kami ingin menjelang 73 tahun Republik merdeka, kemerdekaan harus dengan ‘All out’ dengan segala itikad perjuangkan agar cita-cita terkabul,” kata Rizal Ramli.

Untuk saat ini, ia juga prihatin dengan beragam perbedaan yang ternyata sengaja dijadikan masalah bagi kelompok lain. Padahal, dulu, saat melawan penjajah, tidak ada perbedaan. Bahkan, perbedaan baik suku, agama, ras, budaya, menjadikan ikatan semakin kuat.

“Hari ini ada kegelisahan rasa tidak damai jika berbeda suku, etnis, agama menjadi masalah. Kami ingin agar kembali ke awal kemerdekaan, cita-cita Bung Karno bahwa bangsa yang loyal, perbedaan itu bukan masalah justru kekuatan,” kata pria yang juga pernah jadi menteri era Presiden KH Abdurrahman Wahid dan era Presiden Joko Widodo ini.

Meski dirinya tidak masuk dalam hasil survey beberapa lembaga LSI, namun Rizal Ramli menyatakan optimis akan meraih dukungan dari rakyat.

“saya beberapa kali ditanya, jika maju Pilpres lewat perahu apa. Lha wong Negara ini banjir, jadi menggunakan Gethek (bahasa jawa) saja akan sampai,”ujar Ramli sambil tersenyum.(mua)