Tokoh Legislatif Dukung Pembentukan FPRB Sebagai Relawan Tanggap Bencana di Pamekasan

oleh -
Ketua FRPB Budi Cahyono didampingi Kabid Advokasi dan Humas FRPB Wahyudi saat bertemu Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan, Ismail, Shi. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Berbagai upaya menggerakkan peran serta berbagai elemen masyarakat dalam komponen pentahelix terus dan gencar dilakukan oleh para relawan di Pamekasan. Upaya dilakukan dengan selalu mensinergikan unsur pemerintah, dunia usaha, masyarakat, akademisi hingga elemen media yang ada di kota Gerbang Salam ini.

Upaya harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga dapat melakukan pengukuran dalam mengurangi risiko dan mitigasi bencana, melakukan tanggap darurat saat bencana berlangsung. Bahkan, bisa membantu melakukan rehabilitasi setelah bencana terjadi.

Seperti dilakukan oleh FRPB (Forum Relawan Penanggulangan Bencana) Pamekasan, yang secara khusus melakukan komunikasi intensif dengan tokoh muda yang ada di lembaga legislatif. Di antaranya dengan Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Syafiuddin yang juga menjabat Ketua GP Ansor Pamekasan serta Ketua Komisi III DPRD Pamekasan, Ismail, Shi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Advokasi dan Humas FRPB Pamekasan, Wahyudi, mengungkapkan, tujuan komunikasi ini adalah untuk menguatkan kembali fungsi pentahelix dalam penanggulangan bencana, terutama, pada fase pengurangan risiko bencana.

“Melakukan inisiasi pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Pamekasan, membutuhkan banyak potensi sebagai konseptor. Memberikan advokasi pada pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan indeks kapasitas daerah atau IKD dalam penanggulangan bencana,” tegas Wahyudi.

“Alhamdulillah, semua merestui dan siap berperan aktif di dalam forum tersebut. Sebab elemen yang dilibatkan memang dari berbagai unsur dengan kapasitas konsep masing-masing,” terang Wahyudi pada media.

Sementara itu, Syafiuddin dan Ismail, Shi, mengapresiasi upaya tersebut dan memberikan semangat kepada para relawan yang terlibat dalam gerakan kemanusiaan. Keduanya tidak berkeberatan untuk meluangkan waktu serta pikirannya dalam forum besar tersebut.

“Insya Allah, kami siap berjibaku atas nama kemanusiaan. Sebagai bagian dari masyarakat dan pemerintah maka kami harus dukung penuh upaya positif ini,” ungkap Ismail SHi di hadapan Budi Cahyono, Ketua FRPB Pamekasan di Gedung DPRD Pamekasan, Selasa (17/11) siang. (ndra)