Rapid Test Acak, Polisi Sasar Pengemudi dan Pengunjung Mall

oleh -

Banyuwangi, Arahjatim.comRapid test Covid-19 secara acak kembali digelar oleh Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi. Kali ini sasarannya adalah para penumpang dan sopir yang baru tiba dari Bali di pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang, Selasa (12/5/2020) sore.

Sebelum menjalani rapid test para penumpang maupun sopir diukur suhu tubuhnya menggunakan thermo gun terlebih dahulu. Dari 10 orang yang dirapid test, hasilnya ditemukan satu orang yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celsius. Namun demikian hasilnya dinyatakan nonreaktif.

Kapolresta Banyuwangi Kompes Pol Arman Asmara Syarifudin menuturkan, kegiatan kali ini merupakan kegiatan rutin yang digelar secara acak oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi di kawasan pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang. Pemeriksaan dilakukan sesuai standard operational procedure (SOP) Covid-19.

Baca juga:

“Satu orang kita thermo gun suhunya tinggi. Namun setelah dirapid ternyata nonreaktif. Kita tetap melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Beliau dari Bali mau ke Surabaya. Kita sudah lakukan kali ketiga saat ini. Nanti kita akan perbanyak (pemeriksaannya) mendekati lebaran nanti,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin. 

Selain rapid test, petugas juga memeriksa sejumlah kendaraan pengangkut sembako dan logistik yang keluar masuk dari Jawa ke Pulau Bali melalui pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang. Petugas menjamin pemeriksaan tersebut tidak akan mengganggu aktivitas kendaraan logistik yang menyeberang ke Bali maupun ke Jawa. Sebab pemeriksaan dilakukan secara acak dan singkat.

“Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan logistik. Dimana banyak kendaraan logistik yang disalahgunakan. Karena dikhawatirkan adanya penyelundupan pemudik menggunakan mobil angkutan logistik,” kata Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Kadek Ary Mahardika. 

Usai menggelar rapid test di pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang, petugas juga mendatangi sejumlah mall (pusat perbelanjaan) di Banyuwangi untuk melakukan rapid test terhadap seluruh pengunjung dan karyawan mall. Tak pelak, kedatangan petugas berbaju hazmat, membuat pengunjung kaget dan sebagian berusaha menghindar.

Di sela-sela petugas melakukan rapid test, Kapolresta melalui pengeras suara juga memberikan edukasi dan imbauan kepada seluruh pengunjung mall agar manaati protokol kesehatan Covid-19. Di antaranya sering suci tangan, menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dan menghindari kerumunan banyak orang. Agar terhidar dari penularan virus corona atau Covid-19.

“Semua pengunjung mall atau karyawan wajib menaati standard operational procedure atau SOP, seperti cuci tangan dan jaga jarak atau physical distancing dan menghindari kerumunan banyak orang saat di pusat perbelanjaan,” tegas Kapolresta.

Sementara itu, dari hasil rapid test yang dilakukan petugas, tiga karyawan dinyatakan negatif Covid-19.

“Kami melaksanakan rapid test tiga karyawan mall, namun hasilnya negatif,” tambah Kapolresta.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta juga menerangkan akan terus melaksanakan rapid test di sejumlah tempat berkumpulnya banyak orang seperti pasar, warung dan kafé serta restoran yang sudah didata oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten. (ful)