Bupati Blitar Launching Satgas Cilik Protokol Kesehatan

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Pemerintah Kabupaten Blitar terus mengupayakan menekan penyebaran virus Covid-19 , termasuk memperketat penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), di masa pandemi seperti saat ini.

Selain melakukan monitoring langsung ke sekolah-sekolah, satu inovasi juga dilakukan Pemkab Blitar, yaitu pembentukan Satgas Cilik Protokol Kesehatan Covid-19 di setiap sekolah baik TK, SD dan SMP yang dilakukan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro. Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh siswa-siswi anggota satgas cilik, mulai dari tingkat TK, SD, hingga SMP,
Selasa (6/4/2021).

“Kita sengaja melakukan launching satgas cilik, karena untuk lebih meningkatkan pengawasan kita di sekolah-sekolah. Semoga dengan adanya satgas cilik ini, penerapan protokol kesehatan di sekolah bisa berjalan dengan baik,” terang Rini Syarifah, Bupati Blitar.

Bupati Blitar Rini syarifah menambahkan, setiap kelas wajib ada dua satgas cilik. Nantinya mereka yang akan mengontrol dan mendisiplinkan teman-temannya agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Mereka juga akan mengingatkan sesama teman untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan mengurangi kegiatan di luar kelas.

“Satgas cilik mempunyai beberapa tugas, yaitu memberikan penjelasan tentang virus corona kepada sesama siswa, orang tua dan masyarakat, membimbing teman-teman mereka untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah kemungkinan pandemi di sekolah,” imbuhnya.

Bupati Rini juga mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan Satgas Cilik Protokol Kesehatan Covid-19 perlu ditingkatkan fungsi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di lembaga sekolah.

“Semoga Satgas Cilik Protokol Kesehatan Covid-19 dapat menjadi duta kesehatan untuk mengkampanyekan pembiasaan perilaku hidup bersih, sehat dan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 pada saat pembelajaran tatap muka di sekolah,” pungkas Bupati Blitar Rini Syarifah. (mua)