Minibus Terbakar Hebat di Kalipuro, Banyuwangi, Apa Penyebabnya?

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49540351603_005d807786_b.jpg

Banyuwangi, Arahjatim.com – Diduga akibat korsleting listrik, sebuah minibus berplat nomor L-1442-YF terbakar hebat di Jalan Raya Yos Sudarso, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Sabtu (15/2/2020) malam.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pasangan suami istri, pengemudi dan penumpang minibus tersebut berhasil menyelamatkan diri sebelum api membakar seluruh bagian mobil.

Kejadian kebakaran sempat membuat panik warga sekitar, lantaran api berkobar hebat membakar ranting di tepi jalan. Namun berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran, kobaran api yang melalap seluruh bagian minibus berhasil dipadamkan sebelum merembet ke mana-mana.

Menurut keterangan petugas, sebelum terbakar, pengemudi minibus yang bernama Moh Bagir (40), warga Desa Kebon Agung, Kabupaten Probolinggo itu, baru saja mengisi bahan bakar di SPBU Jalan Banterang, Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi. Saat melintas di lokasi kejadian tepatnya di depan Hotel Mirah, pengendara lain di belakang minibus tersebut memberitahu Bagir bahwa ada kepulan asap di minibus yang dikendarainya.

Baca juga:

Sadar kendaraannya terbakar, Bagir langsung menepikan kendaraannya. Selanjutnya, Bagir mengajak istrinya keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri dari amukan si jago merah.

“Yang (pertama) mengetahui kendaraan terbakar itu pengendara lain yang ada di belakang minibus. Setelah diberitahu kalau ada api di mobilnya, pengemudi langsung mengarahkan kendaraan ke tepi jalan. Pengemudi dan istrinya langsung keluar kendaraan menyelamatkan diri. Api langsung makin membesar,” ujar Brigadir Sumain, petugas Unit Laka Lantas Polresta Banyuwangi di lokasi kejadian.

Dari hasil penyelidikan sementara pihak kepolisian, kebakaran minibus diduga disebabkan korsleting di bagian kelistrikan mesin. Pihak kepolisian masih memeriksa saksi-saksi dan melakukan olah TKP lanjutan untuk mengetahui penyebab pasti terbakarnya minibus berwarna hitam itu.

Musibah kebakaran ini sempat membuat jalur nasional Banyuwangi – Situbondo macet total lantaran banyak pengendara yang mengurangi kecepatannya hanya untuk melihat kejadian.

“Dugaan sementara bisa saja karena korslet atau karena hal lainnya. Untuk penyebab pasti masih diselidiki oleh tim reskrim Polsek Kalipuro,” pungkas Brigadir Sumain. (ful)