Loket Pelabuhan Gilimanuk-Bali Buka, Ratusan Pemudik Eksodus ke Pulau Jawa

oleh -

Banyuwangi, Arahjatim.com – Pemberlakuan pembatasan penumpang di Pelabuhan ASDP Gilimanuk, Bali tampaknya tidak bisa berjalan maksimal. Ratusan penumpang yang didominasi pengguna kendaraan roda dua dan pejalan kaki mulai berdatangan dari Bali di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Minggu (3/5/2020) pagi.

Para pemudik yang eksodus ke Pulau Jawa ini sebelumnya sempat tertahan beberapa hari di depan loket pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, Bali akibat adanya pemberlakuan pembatasan penumpang dan kendaraan sejak tanggal 1 Mei lalu, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari para penumpang, Pelabuhan Gilimanuk terpaksa membuka loket bagi penumpang karena mendapat desakan dari ratusan pemudik yang terus berdatangan di pelabuhan. Mereka juga sempat memblokade pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk hingga membuat truk pengangkut logistik tidak bisa masuk pelabuhan.

Baca juga:

Setelah turun dari kapal, ratusan pemotor dan pejalan kaki ini langsung diarahkan menuju pemeriksaan kesehatan yang ada di pintu keluar Pelabuhan ASDP Ketapang. Tampak antrean kendaraan dan penumpang pejalan kaki pun terjadi tanpa mempedulikan anjuran pemerintah untuk selalu menjaga jarak fisik, physical distancing.

Seluruh pemudik yang tiba di pos kesehatan langsung dicek suhu tubuhnya oleh petugas medis. Khusus pemudik asal Banyuwangi, didata satu persatu identitasnya dan mereka diimbau untuk melakukan isolasi mandiri setibanya di kampung halaman masing-masing.

Mayoritas pemudik memilih pulang kampung karena di Pulau Bali sudah tidak memiliki pekerjaan lagi setelah adanya PHK dari perusahaan di Pulau Bali.

“Saya sudah enam jam menunggu di Gilimanuk untuk menyeberang, ada juga yang mulai kemarin menunggu. Akhirnya dibuka sama petugas karena antrean kendaraan di Gilimanuk banyak. Saya memilih mudik karena di Bali sudah tidak ada pekerjaan, saya di-PHK,” kata Haris pemudik dari Bali asal Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Sementara itu, jumlah kendaraan dari Pulau Jawa menuju Bali terpantau sepi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Pembatasan kendaraan di Pelabuhan Ketapang tetap dijalankan sesuai prosedur yakni hanya memperbolehkan kendaraan pengangkut logistik dan medis saja yang boleh menyeberang ke Pulau Bali. (ful)