Disiplin Prokes dan Latihan, Optimis Raih Prestasi Meski Pandemi

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Genderang tatanan baru hidup normal yang semakin dikuatkan semua pihak menuntut semua lapisan masyarakat untuk lebih disiplin berprotokol kesehatan atau prokes. Salah satunya, dalam dunia olahraga yang sarat aktivitas di luar ruangan dan kadang berkelompok.

Sebagai contoh, cabang olahraga panjat tebing yang dikenal sebagai aktivitas outdoor dan selalu berkegiatan fisik. Sudah tiga bulan lebih atlet panjat tebing Pamekasan tetap berlatih rutin, baik secara mandiri maupun berkelompok di dinding panjat Mahapala Unira di bawah naungan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan, Selasa (23/6/2020).

Pelatih Nasional FPTI Pamekasan, Nur Maulidi mengatakan bahwa para atlet panjat tebing asuhannya selalu menerapkan protokol kesehatan, mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan yang telah disediakan KONI.

“Ke-15 atlet kami yang berlatih rutin selalu menerapkan prokes covid-19. Mulai dari bermasker, jaga jarak dan jaga kebersihan dengan alat basuh tangan yang telah disiapkan oleh KONI,” ujar Malidi.

Selaras dengannya, Wahyudi ketua umum FPTI Pamekasan juga menjelaskan bahwa kedisiplinan atlet dalam berprokes di setiap aktivitas adalah modal utama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Sedangkan disiplin dalam berlatih juga merupakan modal dasar cabang olahraga itu akan berprestasi baik ke depannya.

“Makin bertambahnya angka positif covid di Pamekasan, tentunya tetap menjadi pemantik lebih disiplinnya kita dalam prokes di setiap latihan rutin. Soal, prestasi semua sepakat usaha tak akan khianati hasil,” ungkapnya optimis.

Wahyudi menambahkan para atlet tetap berlatih, baik mandiri maupun bersama-sama tapi bergantian dan evaluasi secara daring guna menyongsong Kejurprov akhir tahun ini dan Porprov 2021.

“Memang, selama masa covid ini para atlet tetap melakukan aktivitas latihan mulai dari latihan mandiri, pelatihan dan evaluasi secara daring serta sesekali latihan bersama secara bergantian agar tidak terlalu banyak berkumpul. Karena kita targetkan prestasi di Kejurprov akhir tahun ini dan persiapan ajang Porprov 2021 mendatang mewakili Kabupaten Pamekasan,” imbuh pria yang juga jurnalis ini. (ndra)