Tingkatkan Rasa Aman, Lapas Kelas IIA Pamekasan Jalin Sinergi dengan Sat Brimob Polda Jatim

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Sinergi dengan pihak eksternal (luar) terus dijalin Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan rasa aman dan kondusif di lingkungan Lapas II A Pamekasan.

Kali ini Lapas II A Pamekasan berkoordinasi dengan Sat Brimob Polda Jatim Subden 3 Detasemen A Pelopor Pamekasan guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Koordinasi dan sinergitas dengan pihak eksternal harus dilakukan sebagai bentuk sinergi. Kami meminta agar titik sambang bisa rutin dilakukan setiap harinya guna memastikan keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas dan sekitarnya. Supaya tidak ada akses serta jalan untuk pelarian warga binaan Lapas Pamekasan,” ungkap Kalapas Kelas IIA Pamekasan M. Hanafi, Selasa (26/10/2020).

Kalapas juga meminta seluruh petugas jaga agar selalu aktif dalam melakukan pemantauan. Melakukan monitoring langsung aktivitas warga binaan. Sehingga dapat dipastikan keadaan benar-benar aman dan kondusif. Petugas harus selalu waspada dalam keadaan apapun.

“Apabila terjadi sesuatu permasalahan atau hal yang dianggap bisa mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas segera hubungi pimpinan,” tegas Kalapas pada para personel.

Selanjutnya, lanjut Kalapas, pimpinan akan berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat. Sehingga segala risiko tidak ditangani secara parsial namun sinergi antarinstansi. Agar upaya antisipasi akan efektif sesuai prosedur yang aman bagi semua pihak. Jadi tidak salah langkah dalam mengambil keputusan strategis dalam penanganan Kamtibmas di Lapas. (ndra)