Tebing Bukit Kokon Longsor, 13 Rumah dan 68 Ternak Warga Hilang Tertimbun

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lumajang, mengakibatkan Tebing Kokon di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang Longsor. Sebanyak 13 unit rumah dan 68 ekor ternak warga pun hilang tertimbun material, Minggu (28/2/2021).

Kejadian itu bermula saat kawasan Kabupaten Lumajang diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya tebing yang gembur pun tergerus air hujan hingga akhirnya longsor.

“Awalnya hujan mas, air yang mengalir di teras rumah kami bercampur lumpur, dan disusul dengan batu dan kayu,” terang Hadi, salah satu warga yang rumahnya rusak terseret longsor.

Beruntung saat kejadian warga berhasil menyelamatkan diri dengan menaiki tebing di sekitar rumah mereka. Namun demikian hampir seluruh harta benda warga bersih tersapu longsor.

“Panik kami, yang penting orangnya selamat dulu,” tambahnya.

Dari 13 unit rumah yang rusak, hanya tujuh rumah yang masih bisa dihuni oleh 37 warga. Korban musibah pun sementara waktu diungsikan ke kantor desa setempat.

“Sementara kami ungsikan ke Balai mas, sebab rumah warga ini rusak parah akibat tertimbun material longsoran,” jelas Kepala Desa Sawaran Kulon, Sugeng.

Selain longsor, sejumlah bencana juga terjadi di sejumlah lokasi di wilayah Lumajang. Mulai dari banjir luapan sungai, hingga banjir lahar.

Pemerintah Kabupaten Lumajang saat ini telah mendistribusikan bantuan kepada para korban, terutama bantuan yang berkaitan dengan kebutuhan dasar.

“Kami telah mendistribusikan sejumlah bantuan, baik makanan, hingga perlengkapan tidur,” ungkap Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Kini, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang tengah melakukan pendataan para korban. (rokhmad)