Plt Walikota Blitar Buka Sosialisasi Perda Di Sasana Praja Kota Blitar

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48988718743_ca9785faa6_b.jpg

Blitar, Arahjatim.com – Pemerintah Kota Blitar menggelar sosialisasi Perda no 1 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Sasana Praja Kota Blitar, Rabu (30/10/2019).

Dalam sosialisasi Perda yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Blitar ini, dibuka langsung oleh Plt Walikota Blitar Drs Santoso M.Pd yang dihadiri oleh ASN, pihak kecamatan, pihak Keluarga dan juga beberapa perwakilan masyarakat.

Dalam sambutannya, Plt Walikota Blitar Drs Santoso menyatakan,tentang bahaya merokok bagi perokok aktif dan juga orang lain di sekitarnya (perokok pasif) . Merokok juga berisiko menimbulkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat terjadi baik pada perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya yang tidak merokok (perokok pasif).

“saya berharap perwujudan kawasan tanpa rokok ini, nantinya dapat menurunkan angka kesakitan dan angka kematian dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat.” Papar Plt Walikota Blitar Drs Santoso.

Santoso menambahkan, secepatnya akan menerbitkan Perwali tentang kawasan tanpa rokok. Pembuatan Perwali masih menunggu hasil kajian dari Bagian Hukum.

“Kalau sudah ada Perwali semua masyarakat harus patuh dengan Perda itu. Tentunya akan ada sanksi bagi masyarakat yang melanggar,” katanya.

Dalam Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) nanti akan ditetapkan sejumlah kawasan tanpa rokok.Sejumlah kawasan tanpa rokok itu, antara lain di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat pendidikan, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, dan perkantoran.

“Untuk perkantoran Negeri maupun swasta ada pengecualian. Di tempat itu tetap masuk kawasan tanpa rokok Tetapi, akan disediakan tempat khusus atau smoking area untuk perokok di perkantoran.” Pungkas Santoso.(adv.hms)