Peringati Hari Pahlawan, Relawan FRPB dan RAPI Pamekasan Bagi-Bagi Masker

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Selasa, 10 November 2020 menjadi momentum berbagai lapisan masyarakat untuk kembali merefleksikan diri, sudah sejauh mana rasa nasionalisme dan patriotisme kita untuk negeri tercinta.

Bahkan jika dibandingkan dengan perjuangan para pahlawan kita dahulu, sumbangsih kita dalam mengisi pembangunan negeri ini belumlah seberapa.

Memberikan manfaat dan saling menjaga antarkomponen masyarakat adalah salah satu cara yang mungkin paling mudah dilakukan sebagai pahlawan di era sekarang ini.

Motivasi inilah yang mendorong puluhan relawan yang tergabung dalam FRPB Pamekasan dan Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 19 Pamekasan melakukan aksi blusukan Bagi-Bagi Masker dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Di tengah situasi pandemi sekarang ini, mereka menyebar ratusan masker di pasar tumpah di bilangan Jalan Cokroatmojo Kelurahan Parteker Kecamatan Kota Pamekasan, Selasa pagi.

Budi Cahyono, Ketua Umum RAPI 19 Pamekasan mengatakan, momentum ini juga bertepatan dengan hari lahir RAPI di nusantara, 40 tahun yang lalu. Aksi ini juga sekaligus dimaknai untuk menghayati nilai-nilai kemanusiaan dan kepahlawanan dengan jiwa yang luhur.

“Kami akan tetap bergerak untuk kemanusiaan, meski kami organisasi komunitas radio amatir,” ucap Budi.

Budi melanjutkan, pemilihan pasar tumpah sebagai lokasi pelaksanaan aksi, karena pasar adalah tempat yang kerap digunakan masyarakat perkotaan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

“Pasar merupakan salah satu tempat keramaian warga usia rentan yang perlu kita perhatikan protokol kesehatannya di masa pandemi. Minimal disiplin bermasker harus selalu ditumbuhkan di tempat itu setiap saat,” imbuh pria yang juga anggota tim rescue BPBD Kabupaten Pamekasan.

Selain melakukan aksi di pasar tumpah, tim RAPI Peduli juga melakukan disinfeksi dan bagi-bagi masker kepada para santri di kompleks Bujuk Agung Asta Rabah dan Ponpes Syeh Abdurrahman Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. (ndra)