Pemudik Arah Madura Meningkat 30 Persen Menjelang Hari Raya Idul Fitri

oleh -

Bangkalan, Arahjatim.com – Arus mudik di sejumlah wilayah di Indonesia meningkat menjelang Idul Fitri, meski pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Arus pemudik antara lain terlihat di penyeberangan jembatan Suramadu, penyeberangan antar Jawa dan Madura, pada Sabtu (23/05).

Sehari menjelang Lebaran, ratusan pemudik terlihat antre memenuhi chekpoint yang telah disediakan. Sejumlah pemudik terlihat membawa sejumlah keluarganya tanpa menghiraukan risiko saat masa pandemi ini.

Wakapolres Bangkalan, Kompol Deky Hermansyah mengakui adanya lonjakan pemudik dari hari-hari sebelumnya, kenaikan mencapai 30 persen hingga menjelang perayaan malam Hari Raya Idul Fitri.

“Ya kira-kira ada kenaikan volume pemudik, hari ini lebih padat, kemarin juga ramai, tapi hari ini naik sekitar 30 persen,” ujar Deky.

Deky mengaku, pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian Bangkalan untuk mencegah penyebaran virus Corona di Madura, khusunya di Bangkalan saat pemudik sulit untuk dibendung.

“Kita lakukan penanganan dengan sebaik-baiknya, ya jangan sampai dengan adanya fenomena mudik ini menjadikan Bangkalan menjadi bertambah kasus positif corona,” imbuhnya.

Pengamanan di checkpoint area Suramadu akan terus dilakukan hingga suasana kondusif dan pemudik tidak lagi memenuhi jembatan Suramadu. (rid)