Pasca-Libur Maulid Nabi, Pelabuhan Ketapang Dipadati Ribuan Kendaraan

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49048031851_9d4ea592c9_b.jpg

Banyuwangi, Arahjatim.com – Sejak malam hingga senin pagi, suasana Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, dipadati ribuan kendaraan roda dua dan empat, Senin (11/11/2019) pagi. Bahkan antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Bali, terpantau meluber hingga keluar area pelabuhan.

Ribuan kendaraan yang sebagian besar para perantau tersebut datang dari berbagai daerah di Jawa Timur akan kembali bekerja di Pulau Bali setelah sebelumnya mereka merayakan Maulid Nabi di kampung halamannya.

“Iya hari Senin ini sudah kerja lagi makanya pulang malam biar enggak panas juga. Kebetulan habis pulang kampung ada perayaan Maulid Nabi dan sekalian njenguk anak juga yang lagi mondok,” kata Safi’i, pengendara mobil asal Situbondo yang akan menuju Denpasar.

Tidak hanya mobil pribadi, penumpang bersepeda motor juga banyak yang mengantre di pelabuhan. Bahkan lorong loket khusus kendaraan roda dua penuh sesak dipadati pemotor. Saking banyaknya motor yang mengantre, satu pemotor butuh waktu sekitar setengah jam agar mereka bisa menuju loket untuk membeli tiket kapal.

“Lama antrenya ini, saya kira sepi ternyata sama pulang malam juga. Kebetulan habis pulang kampung Maulid Nabi di kampung,” kata Sofyan, pengendara motor asal Kecamatan Srono Banyuwangi.

Selain itu, kantong parkir pelabuhan di sisi selatan juga dipenuhi bus-bus pariwisata berisi pelajar yang akan melaksanakan study tour di Pulau Bali. Agar tidak jenuh menunggu antrean di dalam bus, para penumpang memilih turun dari bus dan berjalan kaki untuk mencari tempat yang dianggap aman dan nyaman.

Hingga Senin siang, antrean kendaraan di Pelabuhan Ketapang masih terpantau padat. Mayoritas penumpang memilih pulang tengah malam lantaran di awal pekan ini mereka harus kembali bekerja di Pulau Bali.

Sementara itu, meski terjadi antrean panjang kendaraan, arus penyeberangan di Pelabuhan Ketapang terpantau lancar. Untuk menghindari terjadinya kemacetan kendaraan di sekitar pelabuhan, petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan polisi KP3 PolsekTanjungwangi, Banyuwangi diterjunkan guna mengatur arus lalu lintas di sekitar pelabuhan. (ful)