Putus Rantai Penularan Covid-19, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan Massa

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang mulai meningkat, aparat gabungan yang terdiri dari personel Polri,  TNI, dan Satpol PP Kota Blitar membubarkan kerumunan massa atau kumpulan banyak orang di kafe dan tempat hiburan lain yang ada di wilayah hukum Polres Blitar Kota, Senin (23/3/2020) malam.

Petugas gabungan melakukan patroli skala besar dengan metode patroli keliling. Operasi dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Plt Walikota Blitar Santoso bersama Dandim 0808 Blitar, dan Danyon 511 Blitar.

AKBP Leonard mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan menyampaikan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan social distancing (jarak sosial) dalam rangka mencegah dan memutus penyebaran virus corona.

“Kita sampaikan maklumat Bapak Kapolri, kita sampaikan instruksi Bapak Presiden dan imbauan dari Bapak Plt Walikota Blitar,” terang AKBP Leonard.

Petugas gabungan melakukan patroli keliling, dan berhenti di beberapa lokasi keramaian guna menyampaikan imbauan pada warga masyarakat untuk membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

“Sasarannya kepada pelaku usaha, untuk menerapkan kepatuhan Social Distancing, melalui sistem berjualan take away (dibawa pulang) dan juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa lokasi keramaian guna pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota,” jelasnya.

AKBP Leonard menambahkan, jika masih ada masyarakat yang bandel, tidak mematuhi perintah petugas bisa diproses hukum dengan dijerat pasal 212, pasal 216 (1) dan pasal 218 KUHP.

“Dengan ancaman hukuman penjara 4 bulan sampai maksimal 1 tahun,” pungkasnya. (mua)