Masuk Polresta Banyuwangi Masyarakat Wajib Ikuti Prosedur Ini

oleh -

Banyuwangi, Arahjatim.com – Merebaknya virus corona atau Covid-19 yang kian meluas membuat Polresta Banyuwangi memberlakukan aturan baru bagi siapapun yang akan masuk ke Markas Komando (Mako) Polresta. Masyarakat ataupun personel polisi yang masuk diwajibkan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan di samping penjagaan agar steril dari kuman dan virus.

Selain itu petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap setiap pengunjung menggunakan thermo gun. Tidak hanya itu, petugas juga memberi jamu tradisional berupa asam kunyit dan beras kencur untuk diminum sebelum memasuki Mako.

“Jadi setiap masyarakat yang masuk kantor kepolisian atau Mako diwajibkan steril. Seluruh pengunjung maupun personel polisi harus diperiksa suhu tubuhnya dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus. Masyarakat wajib cuci tangan dan diberi minuman jamu tradisional untuk menjaga imunitas ketahanan tubuh,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Selasa (24/3/2020) pagi.

Kapolresta menambahkan, sebelum mengawali tugas, anggota juga diperintahkan untuk melakukan senam pagi bersama di halaman Mako dipandu oleh instruktur senam. Sedangkan untuk anggota yang bertugas di lapangan dianjurkan membawa hand sanitizer, mengenakan alat pelindung diri, yakni masker agar kondisi badan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit.

“Usai senam, kita ada makanan tambahan untuk personel, berupa bubur kacang ijo, telur serta ditambah jamu guna meningkatkan imun. Untuk protek kepada anggota sesuai prosedur, setiap anggota diwajibkan membawa hand sanitizer dan alat pelindung diri, masker. Sehingga di dalam pelaksanaannya dapat sesuai dengan tujuan,” tambah Kapolresta.

Prosedur tersebut akan terus diberlakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus corona. Petugas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat luas untuk tetep menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan menghindari kerumunan banyak orang dengan menerapkan social distancing. (ful)