Gandeng Relawan FRPB, Lapas Klas IIA Pamekasan Sterilisasi Lingkungan Lapas

oleh -
Relawan FRPB Pamekasan saat melakukan penyemprotan disinfektan di blok sel Lapas II A Pamekasan. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Mencegah dan memutus mata rantai covid-19 merupakan tanggung jawab semua pihak. Terutama, dalam penguatan disiplin protokol kesehatan di lingkungannya. Setidaknya, ini yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Lapas klas IIA Pamekasan.

Selama seharian, Selasa (1/9/2020) kemarin, setiap sudut ruangan di komplek Lapas ini didisinfeksi oleh satgas Lapas dan FRPB Pamekasan. Mulai dari depan pintu masuk Lapas Kelas IIA, ruang tunggu pengunjung, ruang kantor serta ruang blok tahanan, hingga bilik sel tak luput dari embunan disinfektan.

Kalapas Klas IIA Pamekasan, M.Hanafi menegaskan, pihaknya sangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 di dalam sel.

“Kami sangat disiplin dalam penerapan prokes covid di dalam sel, karena sirkulasi transfer tahanan sangat tinggi serta kapasitas warga binaan yang ada sekarang cukup banyak,” ujarnya.

“Bahkan, untuk kiriman tahanan dari luar, seperti polres dan kejaksaan, diwajibkan di-rapid test terlebih dahulu. Jika hasilnya nonreaktif baru kami terima,” tegasnya.

Ditambahkan mantan aktivis HMI ini, bahwa antisipasi dini terhadap covid-19 di masa pandemi ini wajib untuk dipenuhi sesuai protokol penanganan covid-19. Harus saling mengingatkan antarinstansi sehingga dengan demikian, kondisi di dalam ruang warga binaan akan lebih steril dan nyaman.

Sementara, Ketua FRPB Pamekasan, Budi Cahyono, mengapresiasi langkah-langkah yang sudah ditempuh pihak Lapas Klas IIA Pamekasan dalam memerangi Covid-19.

“Kami mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan internal Lapas Klas IIA dalam penanggulangan Covid-19. Perlengkapan prokes di dalam Lapas sudah lengkap dan bagus. Tinggal saling meningkatkan kesadaran disiplin prokes warga binaan nantinya,” ungka Budi. (ndra)