Laporan dari Aqso: Napak Tilas Rohani Perjalanan Nabi Muhammad SAW

oleh -
Foto bersama jamaah umrah plus Kanomas saat tiba di Palestina. Suasana Palestina relatif aman bagi wisatawan asing. (Foto: arahjatim.com/mer)

Palestina, ArahJatim.com – Besarnya perhatian masyarakat Indonesia terhadap perkembangan Palestina, berdampak kepada bertambahnya jumlah jemaah Indonesia yang berkunjung ke Masjid Aqso. Kini hampir setiap hari, selalu dijumpai wajah-wajah masyarakat Indonesia yang sholat lima waktu di Masjid Aqso. Tour travel di Indonesia pun berlomba-lomba melayani banyaknya permintaan untuk berkunjung ke Masjid Aqso. Tak terkecuali Travel Kanomas Arci Wisata yang berkantor pusat di Jalan Cikini II No. 1A (www.kanomas.com), memberangkatkan 13 jemaah ke Aqso melalui paket umroh plus Aqso dan Jordan pertengahan Februari ini. Perjalanan ke Aqso bisa ditempuh dari beberapa pintu perbatasan, namun yang menjadi favorit adalah melalui perbatasan Aqaba dari Jordan.

Dalam rombongan jemaah tersebut ada 3 anak-anak yang turut serta dan mereka semua mengaku aman selama beberapa kali masuk ke wilayah Palestina maupun kawasan Masjid Aqso.

“Aku senang sekali bisa melihat Masjid Dome of the Rock yang berkubah emas dan juga Masjid Kubah Hitam. Jadi bisa melihat langsung dan membayangkan peristiwa Isra Miraj, saat Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat langsung dari Allah SWT”, kata Revandio, pelajar SMP yang turut menjadi anggota rombongan.

Ahmad, kepala pengamanan Masjid Aqso menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian masyarakat Indonesia yang kini semakin sering datang.

“Masjid Aqso sepenuhnya aman untuk dikunjungi. Kami berusaha sekuat tenaga mempertahankan keamanan, khususnya di kawasan Masjid Aqso. Seluruh umat muslim dari manapun, kami jamin keamanannya selama berkunjung ke kawasan Masjid Aqso,” kata Ahmad dalam bahasa Inggris yang lancar.

Warga Palestina memang telah mengetahui dukungan luas dari umat muslim sedunia dan terutama dari rakyat Indonesia terhadap kondisi mereka. Karenanya kaum muslim Palestina lebih bersemangat melakukan pembelaan untuk Al Aqsa dan bersemangat untuk membebaskan Al Aqsa dari cengkeraman Israel. (mer)