KPU Banyuwangi Gelar Tes Tulis Untuk Ribuan Calon Anggota PPS

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49642887081_5f467c5655_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menyelenggarakan tes tulis bagi ribuan pelamar anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dam Wakil Bupati Banyuwangi 2020, Rabu (4/3/2020).

Tes tulis memperebutkan 6 besar calon PPS di masing-masing Desa dimulai pukul 10.30 WIB di Gelanggang Olahraga (GOR) Tawang Alun disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi untuk memastikan lembar soal dan jawaban masih tersegel.

Untuk materi ujian ada 50 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan oleh masing-masing peserta dalam waktu 60 menit

“Total calon PPS yang ikut tes tulis hari ini sebanyak 1.548 orang dari 217 desa se-Kabupaten Banyuwangi. Materinya seputar kepemiluan, mulai tugas wewenang PPS, proses pemutakhiran data dan lain sebagainya,” kata Divisi SDM Parmas KPU Dian Purnawan.

Dian menambahkan, KPU membuat soal pertanyaan dua tipe untuk memastikan tidak terjadi kecurangan selama tes tulis berlangsung. KPU juga mengerahkan sejumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mengawasi selama proses ujian berlangsung.

Tes tulis dilakukan untuk menentukan siapa saja yang bakal lolos ke tahap tes wawancara. Sesuai dengan aturan yang berlaku, hanya 6 orang pelamar di masing-masing desa yang berhak maju ke tahap selanjutnya. Sedangkan untuk tes wawancara, KPU menjadwalkan akan dilaksanakan tanggal 11 hingga 14 Maret 2020.

“Ada dua tipe soal, yakni tipe A dan tipe B, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, seperti peserta saling contek. PPK juga kita terjunkan, untuk memastikan peserta duduk di tempat yang sudah diatur. Tes wawancara kita bagi menjadi lima dapil, dengan satu orang komisioner sebagai penanggungjawab di setiap dapil,” pungkas Dian. (ful)