KPU Lantik 125 Anggota PPK untuk Pilkada Banyuwangi 2020

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49604043428_8b389cc37a_b.jpg
Bupati Banyuwangu, Abdullah Azwar Anas berfoto bersama Komisioner KPU dan Bawaslu serta anggota PPK yang baru dilantik. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com –Sebanyak 125 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020, dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Sabtu (29/2/2020).

Pelantikan anggota PPK digelar di Hotel Aston, dihadiri oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), dan Camat se-Banyuwangi serta Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi. Bersamaan dengan pelantikan juga dilaksanakan pengambilan sumpah janji, dan penandatanganan pakta integritas.

Baca juga:

Di hadapan para undangan yang hadir, Ketua KPU Dwi Angraini Rahman menyampaikan, bahwa pelantikan PPK dilakukan serentak se-Indonesia, bagi Kabupaten dan Kota yang sedang melaksanakan Pilkada maupun Pemilihan Wali Kota dan Wakilnya. Untuk itu dirinya berharap kepada seluruh anggota PPK yang baru saja dilantik dan diambil sumpah janji agar bisa bekerja secara profesioal sampai tahapan Pilkada selesai.

“Saya harap semangatnya terus berkelanjutan sampai selesai, selesai anda menjadi anggota PPK, semangatnya harus seperti ini. Perlu saya sampaikan dan perlu saya ingatkan, anda semua sudah disumpah ya? Sumpah dan janji yang diucapkan, kemudian sudah diucapkan pakta inegritas, saya yakin anda semua akan melaksanakan dengan sepenuh hati sampai pelaksanaan tahapan selesai. Anda setuju?,” ujar Dwi Anggraini di hadapan 125 anggota PPK yang baru saja dilantik.

Komisioner KPU Banyuwangi, Dian Purnawan. (Foto: arahjatim.com/ful)

Usai pelantikan, Komisioner KPU Banyuwangi, Dian Purnawan yang juga Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, berharap kepada 125 anggota PPK untuk bekerja dengan baik. Mampu menjalankan setiap tahapan dengan penuh tanggung jawab, tetap menjaga integritas dan independensi. Seluruh anggota PPK dari 25 kecamatan se-Banyuwangi, juga harus segera membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak di tingkat kecamatan terkait dengan ketersediaan kantor atau sekretariat PPK.

“Yang jelas bulan Maret ini mereka setelah dilantik harus bekerja dipemutakhiran data. Itu yang pertama. Karena data ini di tanggal 22, 23 Maret ini sudah dimulai. Nah itu yang mereka harus lakukan. Mereka harus bersinergi dengan stakeholder di wilayah masing-masing mencari kantor, untuk sekretariat yang digunakan bekerja sama dengan Kecamatan. Kita maksimalkan petugas PPK, harus berkerja dengan baik, integritasnya harus diutamakan, dan tanggung jawabnya, agar berjalan sukses,” ucap Dian Purnawan.

Suasana pelantikan anggota PPK untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020 di Hotel Aston, Banyuwangi. (Foto: arahjatim.com/ful)

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga berharap seluruh proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 dapat berjalan sukses, lancar dan aman. Selain itu, penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU harus bisa menghasilkan Pilkada yang berkualitas, sehingga mampu melahirkan pemimpin yang benar-benar berkualitas.

“Mudah-mudahan KPU bisa bekerja dengan baik dan profesional. Proses tahapannya dapat berjalan lancar sampai selesai. Pemerintah akan terus mensuport melalui pencairan anggaran, agar Pilkada Banyuwangi berjalan sukses, sehingga melahirkan pemimpin baru yang berkualitas,” ujar Anas. (ful)