Komisi III DPRD Pamekasan: TPS 3R Waru Barat Dibangun Tahun Ini

oleh -
Ismail, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Komisi III DPRD Pamekasan memanggil Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan untuk meminta dan mendengarkan pendapat terkait penanganan sampah di wilayah Pamekasan bagian pantura dan kota.

Pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah berbasis Reduce, Reuse Recycle (TPS 3R) yang berada di Desa Waru Barat, sempat heboh di media sosial. Menurutnya, di DLH Pamekasan, tahun 2020 ini ada tujuh program. Lima di antaranya sudah terlaksana namun untuk proyek di Desa Waru Barat masih belum terlaksana dengan alasan tipe jusing.

Kepada wartawan, Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Ismail, Rabu (16/9/2020), memastikan TPS 3R yang berada di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan akan dibangun tahun 2020 ini.

“Kami dari Komisi III sudah memanggil dan berkoordinasi dengan DLH. Barusan, Banggar dan Binggar telah menyetujui untuk menjalankan program itu dengan menggunakan PAK 2020,” ujar Ismail kepada sejumlah media.

Karena aksesnya sudah dibangun, dan lahannya juga sudah diuruk, Ismail memastikan 99 persen pembangunan TPS 3R di Desa Waru Barat akan dilaksanakan tahun 2020 ini.

“Jadi kami minta pembangunan TPS 3R dilaksanakan tahun ini, mengingat Pasar Waru yang sering macet dan sampahnya cukup banyak. Jadi sampah-sampah itu nanti  akan diarahkan ke sana,” tegasnya

Terkait seringnya ditemukan tumpukan sampah di pinggir jalan terutama di perkotaan, Ismail mengatakan perlunya dibangun TPS 3R di tiap-tiap kelurahan. Hal ini diharapkan dapat mengurangi tumpukan sampah yang mengganggu keindahan kota.

“Akhir-akhir ini kita sering menemukan sampah berserakan di pinggir jalan. Seharusnya petugas kebersihan dari DLH mengangkut sampah lebih awal, sebelum masyarakat beraktivitas, sehingga tidak ada lagi tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan,” ungkapnya

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan dari fraksi Partai Demokrat ini mengimbau DLH sebagai mitra Komisi III dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, seperti ke sungai, dan tempat umum lainnya, melainkan ke tempat yang seharusnya, yakni ke TPS 3R.

“Dari sana nanti akan dibangun bank sampah. Jadi kebersihan dan keindahan kota akan tetap terjaga dengan baik sehingga program Pamekasan Cantik dapat terwujud,” imbuhnya. (ndra)