Harga Fantastis Rp 1,191 Miliar, Truk Konvektor Masih Nganggur

oleh -

Bangkalan, Arahjatim.com – Pengadaan alat berat berupa truk compactor atau konvektor oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan, Madura yang diproyeksikan untuk pengangkutan sampah tak kunjung beroperasi. Padahal, pengadaan truk habiskan anggaran Rp 1,191 miliar untuk satu unit. Pengadaan tersebut melalui sistem lelang LPSE dengan pemenang tender PT Garis Harmoni yang beralamat di Sidosermo Surabaya.

Alasan pengadaan truk konvektor (truk sampah yang tertutup) untuk mempermudah kinerja DLH dalam pengangkutan sampah. Namun, hingga saat ini hanya dibiarkan terparkir di halaman kantor dinas setempat. Sebab, DLH mengaku belum mengetahui cara mengoperasikan alat konvektor yang dimaksud.

Kepala DLH, Anang Yulianto mengaku bahwa pengadaan alat berat yang akan digunakan supaya sampah yang akan dikirim dari Tempat Pembuangan Sementara ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tersebut masih menunggu juknis pengoperasiannya.

“Alat itu akan digunakan untuk menekan sampah menjadi lebih sedikit. Dalam artian yang biasanya diangkut dengan tiga truk sampah dengan konvektor bisa jadi satu truk saja,” katanya.

Anang menambahkan, pengadaan alat berat itu sudah dibeli sejak bulan April yang lalu. Namun, tiba di Bangkalan pada bulan Mei. Saat tiba, kondisi mesin tidak ada kendala apapun. Akan tetapi, konvektor masih dibiarkan parkir karena belum mengetahui juknis pengoperasiannya.

“Kami masih belum tahu cara mengoperasikannya, makanya sementara diparkir dulu belum digunakan. Kami butuh bimbingan dulu sebelum menggunakan dari ahlinya,” imbuh Anang.

Dilain pihak, Ketua Komisi C DPRD Bangkalan, Efendi menuturkan bahwa jika memang sudah saatnya untuk digunakan pihaknya selaku kemitraan DLH akan mendorong agar alat tersebut segera beroperasi.

“Namun jika memang perlu adanya adaptasi untuk memahami cara kerja alat tersebut. Lebih baik dipahami dulu agar tidak mengalami dampak lebih buruk ke depannya,” tuturnya. (fat/rd)