Kebakaran Kembali Landa Pamekasan, Ini Kasus Ke-55 Sepanjang 2019

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48889967953_a3e308dd50_b.jpg
Petugas bahu-membahu memadamkan api yang menjalar ke rumpun bambu. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Pamekasan, Jumat (11/10/2019) pagi. Peristiwa yang sempat membuat panik warga ini terjadi di Desa Konang, Dusun Mangkon, Kecamatan Galis,  Kabupaten Pamekasan. Beruntung kebakaran yang sangat dekat permukiman ini berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke rumah warga.

Diduga api bermula dari sampah yang dibakar seseorang di lahan kosong yang kemudian menjalar ke rumpun bambu di sekitar sungai. Kejadian ini membuat panik warga yang kemudian melaporkannya ke Babinsa setempat, Pusdal Ops PB BPBD hingga ke pihak Damkar (Pemadam Kebakaran).

“Kebakaran lahan terjadi dimungkinkan karena ada yang membakar sampah atau daun kering. Api menjalar dengan cepat kepohon bambu di sekitar sungai,” ujar Kepala Pusdal Ops PB BPBD, Budi Cahyono.

Api berhasil dipadamkan setelah 20 menit dilakukan pemadaman oleh Damkar, Penyuplai Damkar, Rescue RAPI Pamekasan, Babinsa Konang, Babinkamtibmas Konang, dibantu aparat dari FRPB, TNI dan Polri.

Budi Cahyono mengingatkan bahwa ini adalah peristiwa kebakaran ke-55 yang terjadi sepanjang tahun ini.

“Dan perlu diingat kebakaran yang sudah terjadi selama setahun ini sudah ke-55 kalinya,” tegas Budi.

Budi mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan membakar sampah di lahan kering terlebih di kala musim kering seperti saat ini.

“Diimbau bagi masyarakat agar tidak membakar api di lahan kering sembarangan apalagi di musim kemarau”, tandas pria berkumis ini. (ndra)