Gudang Penyimpanan Berkas dan Ruangan KIA Puskesmas Yosomulyo Ludes Dilalap Api

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49594306613_0ac3c7d0cd_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Lagi dan lagi, kebakaran hebat terjadi di Banyuwangi. Kali ini, gudang penyimpanan berkas dan ruang kesehatan ibu dan anak (KIA) di Puskesmas Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, ludes terbakar, Kamis (27/2/2020) malam. Besarnya kobaran api membuat warga sekitar panik lantaran lokasi kebakaran berdekatan dengan permukiman.

Warga bahu-membahu berupaya memadamkan kobaran api menggunakan peralatan seadanya, namun upayanya tidak berhasil. Beruntung tidak lama kemudian tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk menjinakkan kobaran api.

“Percikan muncul di bagian belakang bangunan. Saya langsung lari keluar minta bantuan warga. Saya terus masuk lagi ke dalam kantin ngambil gas elpiji agar tidak meledak. Warga lainnya mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, tapi tidak padam. Saya tidak tahu penyebabnya, yang jelas bukan dari kantin,”’ kata Rusmiati, saksi mata yang tinggal di rumah dinas Puskesmas Yosomulyo.

Selain melalap gedung penyimpanan berkas dan ruang KIA, api juga menghanguskan bangunan kantin yang bersebelahan dengan gedung. Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran. Dugaan sementara disebabkan adanya hubungan pendek arus listrik yang ada di ruangan KIA.

Pascakejadian kebakaran, petugas Unit Reskrim Polsek Gambiran langsung melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti kebakaran ini. Akibat musibah ini kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Penyebab pasti belum diketahui karena masih kita selidiki. Kita juga masih periksa saksi-saksi terkait. Alhamdulillah musibah ini tidak memakan korban jiwa. Cuma tadi ada petugas pemadam yang luka ringan di tangan terkena kayu yang jatuh. Kondisi Puskesmas tidak ada pasien karena Puskesmas ini bukan untuk rawat inap,” tegas AKP Sumaryata, Kapolsek Gambiran saat dihubungi melalui sambungan telepon. (ful)