Jelang Pilkada, Polres Pamekasan Gelar Gladi Lapang Sispam Kota

oleh -
Jajaran Polwan bernegoisasi dengan para pengunjuk rasa. (Foto: arahjatim.com)

Pamekasan, ArahJatim.com – Dalam rangka pengamanan jelang Pilkada Kabupaten Pamekasan Madura dan Pilgub Jatim 2018, Polres Pamekasan melaksanakan Gladi Lapang Sispam Kota yang dikuti oleh Jajaran Polres Pamekasan dan TNI serta Brimob Subden 3 Den A Pelopor Satbrimob Polda Jatim di Area Monumen Arek Lancor, Kamis ( 24/01/18).

Ribuan massa mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD ) Kabupaten Pamekasan Madura, mereka memprotes dan meminta untuk menghitung ulang hasil Pilkada Kabupaten Pamekasan Madura,karena dinilai syarat dengan kejangalan dan money politic.

Permintaan massa di tolak, massa marah dan berusaha masuk ke Kantor KPUD. Namun usaha massa tersebut dihalangi oleh aparat kepolisian yang sejak awal siaga. Aksi dorong-dorongan pun terjadi antara massa dengan aparat kepolisian.

Tim negosiasi dari jajaran Polwan Polres Pamekasan juga gagal untuk meredam aksi massa. Massa semakin beringas bahkan mengancam akan membakar kantor KPUD Pamekasan jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Akhirnya dengan meminta bantuan anggota Brimob Subden 3 A Pelopor dari Polda Jatim, massa berhasil dihalau mundur. Satu orang yang dianggap provokator harus dilumpuhkan dengan timah panas karena menyerang petugas dengan senjata tajam.

Aksi massa ini hanyalah merupakan rangkaian Simulasi Pengamanan Pilkada Kabupaten Pamekasan dan Pilgub Jawa Timur, dengan menerjunkan 320 personel gabungan dari Polres Pamekasan dan TNI serta Brimob.

Acara ini di hadiri oleh jajaran FORPINDA dan Ketua KPUD Moh.Hamzah serta Panwaslu Kabupaten Pamekasan Madura.

Sementara itu Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, meminta seluruh aparat yang bertugas dalam Pelaksanaan Pilkada Pamekasan maupun Pilgub Jawa Timur, agar berkonsentrasi penuh dalam mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pamekasan serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang akan datang.

Lebih lanjut Teguh menegaskan dari seluruh tahapan pilkada, yang menjadi perhatiannya ialah pada tahapan kampanye dan pemungutan suara karena pada tahapan tersebut melibatkan massa yang banyak, sehingga butuh konsentrasi penuh.

Dan apresiasi kepada seluruh anggota yang sudah menunjukkan soliditas dalam acara simulasi ini, semoga pelaksanaan Pilkada dan Pilgub Jatim tahun ini berlangsung kondusif. *