Haryanti Sutrisno: Jangan Pasif, ASN Harus Aktif dan Kreatif

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49501137621_554ce38b11_b.jpg

Kediri, ArahJatim.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri menggelar acara latihan dasar bagi CPNS Golongan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri, tahun 2020. Pelatihan dilaksanakan di Local Education Center (LEC), Jalan Penanggungan Kota Kediri.

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang CPNS angkatan 179 dan 180, terdiri dari 57 orang tenaga pendidik, 12 orang tenaga kesehatan dan 11 orang tenaga teknis. Latihan dasar ini berlangsung sekitar dua bulan, mulai Kamis, 30 Januari 2020 hingga Sabtu, 21 Maret 2020.

Kepala BKD Kabupaten Kediri, Moh. Solikin mengatakan, latihan dasar CPNS ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap mental untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional yang dilandasi dengan pengabdian dan kepribadian PNS sesuai kebutuhan instansi pemerintah.

Selain itu, latihan dasar ini akan meningkatkan kemampuan ASN yang mampu berperan sebagai pembaharu dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Memantapkan sikap pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Menciptakan kesamaan visi dan pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan yang lebih baik,” kata Kepala BKD.

Pernyataan senada diungkapkan Moh. Suluh dari BPSDM Provinsi Jawa Timur. Ia mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas ASN yang sistematis dan inovatif yang berkelanjutan.

“Momentumnya adalah saat ini bangsa Indonesia antara tahun 2020 hingga 2030 berada dalam puncak bonus demografi, dimana usia produktif mencapai 68 persen. Jika kita fokus dalam pengembangan kualitas SDM dengan menggunakan cara-cara baru, saya yakin bonus demografi akan menjadi bonus lompatan kemajuan bangsa Indonesia,” katanya.

Sementara itu Bupati Kediri Haryanti Sutrisno mengatakan, saat ini jumlah ASN sangat kurang karena banyak ASN yang telah memasuki masa pensiun.

“Saya berharap ASN harus aktif dalam berkreativitas, jangan sampai pasif. Saya berharap, untuk pelatihan ini berbentuk dialog sehingga seluruh kelas bisa aktif dan belajar memecahkan suatu kasus dan permasalahan. Dengan begitu setelah selesai latihan dasar ini kembali ke dinas masing-masing sudah siap dengan segala pemikiran dalam berbuat yang lebih baik untuk masyarakat,” pesan Bupati.

Kepada seluruh CPNS, Bupati Kediri berpesan untuk bekerja dengan sebaik- baiknya dan terus mengabdikan diri di wilayah Kabupaten Kediri hingga memasuki masa pensiun nanti. (Kominfo)