Dibuka Wabup Raja’e, Festival Durian 2020 Disambut Antusias Warga Pamekasan

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49468824423_5561d78813_b.jpg
Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja'e menyampaikan kata sambutan pada pembukaan acara Festival Durian 2020 di Wisata Puncak Ratu, Desa Tebbul Barat, Kecamatan Pagantenan, Pamekasan Madura, Jumat (31/01/2020). (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com –  Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja’e membuka Festival Durian 2020 di Wisata Puncak Ratu, Desa Tebbul Barat, Kecamatan Pagantenan, Kabupaten Pamekasan, Jumat (31/01/2020). Festival ini disambut antusias dan sudah dinanti-nanti baik oleh warga Pamekasan sendiri maupun warga dari luar Pamekasan.

Pembukaan festival dihadiri oleh jajaran Forpimda Kabupaten Pamekasan, Forpimka Kecamatan Pagantenan, serta masyarakat. Festival akan berlangsung selama tiga hingga Minggu (2/2/2020).

Berbagai lomba akan diadakan untuk menambah semaraknya acara. Di antaranya lomba buah durian dan lomba olahan durian, yang digelar hari ini, Jumat (31/1/2020). Besok hari kedua, akan digelar lomba belah durian dengan tangan kosong, yang banyak diminati oleh peserta dari luar Pamekasan. Dan hari ketiga, Minggu (2/2/2020) ada lomba mewarnai untuk anak-anak TK.

Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja’e mengapresiasi langkah yang digagas jajaran aparat Desa Tebbul Barat ini.

“Ini merupakan satu langkah maju yang dilakukan oleh seluruh jajaran aparat Desa Tebbul Barat. Mengambil langkah cepat dan strategis dalam menjual serta mempromosikan buah khas Tebbul Barat (yaitu buah Durian) dan tempat Pariwisata Puncak Ratu yang sempat viral di tahun 2019 dan tetap eksis sampai sekarang. Serta menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi masyarakat Tebbul Barat khususnya dan Pamekasan dengan adanya destinasi Wisata Puncak Ratu,” ujar Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja’e.

Wabup Raja’e berharap tempat Wisata Puncak Ratu ini bisa tetap eksis sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pamekasan.

“Pemkab Pamekasan berharap tempat Wisata Puncak Ratu ini bisa tetap eksis sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pamekasan khususnya dan Madura pada umumnya. Meskipun keberadaan destinasi wisata ini sempat diwarnai pro dan kontra,” tegas Wabup Raja’e.

Sementara itu, Plt Camat Pagantenan, Benny Hendriyanto, berharap Festival Durian Puncak Ratu ini bisa masuk dalam kalender tahunan Pemkab Pamekasan.

“Dengan adanya Festival Durian Puncak Ratu 2020, bisa masuk dalam Kalender tahunan Pemkab Pamekasan. Dapat semakin menarik minat wisatawan dari Pamekasan serta kabupaten lain untuk mengunjungi destinasi Wisata Puncak Ratu yang ada di Tebbul Barat. Dan bisa memperkenalkan buah durian sebagai buah khas Pagantenan. Serta memperkenalkan kearifan lokal serta budaya yang ada di Desa Tebbul Barat dan Kecamatan Pagantenan,” ujar Benny Hendriyanto.

Sedangkan Ketua Panitia Festival, Fiki Faisal mengatakan, pihaknya ingin memajukan tempat-tempat wisata yang ada di Pamekasan khususnya dan Madura, serta ingin memperkenalkan buah lokal

“Kami ingin memajukan tempat-tempat wisata yang ada di Pamekasan khususnya dan Madura, dan ingin memperkenalkan buah lokal (durian Pagantenan) yang dapat menyokong tempat wisata ini, yang tentunya akan berdampak pada harga durian di sini. Serta segala kearifan lokal budayanya,” ungkap Ketua Panitia, Fiki Faisal.

“Acara festival durian ini diadakan agar bisa mengubah pola pikir masyarakat bahwa buah durian tidak hanya bisa dijual secara gelondongan tetapi bisa diolah menjadi segala jenis makanan,” pungkas Fiki. (ndra)