Cegah Covid-19, Astour Bangkalan Bagi-Bagi Hand Sanitizer

oleh -

Bangkalan, ArahJatim.com – Aksi nyata ditunjukkan Pemuda Komunitas Pecinta Alam (Astour) Kabupaten Bangkalan untuk turut serta mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Aksi yang diprakarsai atas dasar kepedulian itu dilakukan dengan membagikan hand sanitizer dan beberapa alat kesehatan kepada beberapa masjid dan panti sosial di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan.

Aksi tersebut dilakukan Sahabat Astour pada Minggu (5/4/2020). Dengan berkeliling ke masjid-masjid di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Para relawan membagikan hand sanitizer beserta penunjang kesehatan yang lain, khususnya masjid yang belum memiliki hand sanitizer sebagai standarisasi pencegahan virus corona. Dalam aksi tersebut, sekaligus dilakukan sosialisasi hidup bersih.

Ketua Komunitas Astour Kabupaten Bangkalan, Moh Syukron Maulidi mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk nyata Sabahat Astour untuk mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat yang masih peduli dengan tempat peribadatan, karena selama ini ia prihatin dengan kondisi yang memaksa masyarakat tidak bisa menunaikan ibadah seperti biasanya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk nyata kita sebagai pemuda untuk berbagi terhadap sesama,” ungkapnya, Minggu (5/4/2020).

Ia juga menambahkan, hand sanitizer dan alat penunjang kesehatan lain yang dibagikan ini, diperoleh dari para donatur yang peduli dan ingin berbagi dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 yang massif perkembangannya.

“Ini semua sumbangan dari banyak donatur yang bersedia menyisihkan sebagian rezekinya untuk peduli kesehatan,” terangnya.

Ketua Takmir masjid al-Muhajirin, Moh. Makin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para pemuda Astour tersebut.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berjalan sekali saja, namun juga berkelanjutan,, dan mungkin untuk pemuda yang lain. Saya berterimakasih kepada teman-teman atas bantuannya, semoga dibalas dengan yang lebih baik,” terangnya.

Hingga berita ini ditayangkan, sebanyak 11 masjid dan satu panti sosial di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, telah menerima bantuan berupa hand sanitizer dan sejumlah alat kesehatan lainnya. Sembari berbagi, mereka juga mendengarkan cerita takmir yang mulai resah dengan menipisnya jumlah jemaah setiap harinya. Hal ini lantaran semakin meluasnya wabah covid-19 di beberapa kota di Indonesia.

(fik)