Bupati Blitar Kembali Saksikan Penandatanganan Program ‘Salam Sak Jangkah’

oleh -
Bupati Blitar Rini Syarifah saat menyerahkan KTP kepada salah seorang warga. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri dan menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) Salam Sak Jangkah yang bertempat di Kantor Desa Mandesan Kecamatan Selopuro, Rabu (7/4/2021). Dalam kegiatan ini, terdapat 14 desa yang telah siap menerapkan program tersebut.

Rini menjelaskan, dengan Salam Sak Jangkah layanan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti pembuatan KTP, KK, Akta Lahir maupun ganti status bisa diselesaikan di kantor keluruhan/desa. Bupati Rini bertekad program tersebut akan gencar dilakukan, sehingga semua wilayah dapat menerapkan wacana itu.

“Jadi, untuk saat ini ada 14 desa yang telah bergabung dalam program Salam Sak Jangkah di antaranya Mandesan, Slorok, Resepombo, Binangun, Kemirigede, Panggungrejo, Sukosewu, Slumbung, Ngeni, Wonorejo, Pasiraman, Ngadipuro, Tingal dan Kedawung,” ujarnya.

Baca juga:

Rini menambahkan, pemerintah daerah terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih mudah, cepat dan gratis. Sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Blitar merasa nyaman dalam pengurusan layanan Adminduk.

“Program Salam Sak Jangkah ini merupakan pelayanan publik melalui Adminduk, dan termasuk dalam program prioritas 100 hari kerja kami (Mak Rini dan Mak Dhe Rahmat),” imbuh Rini.

Rini berharap, desa maupun kelurahan yang belum melakukan kerja sama agar segera menindaklanjutinya. Sebab, dokumen kependudukan wajib dimiliki oleh setiap orang sebagai salah satu bukti perlindungan negera.

“Jadi, pelayanan Adminduk di Kabupaten Blitar terus dibenahi. Dan di bulan Ramadan ini Dispendukcapil akan melakukan beberapa inovasi dalam pelayanan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, pelayanan publik merupakan salah satu dari lima prioritas kerja pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah dan Rahmat Santoso. (mua)