Bupati launching Salam Sak Jangkah untuk memudahkan warga dalam layanan adminduk

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Guna memudahkan warga dalam mengurus Adminduk, Bupati Blitar Rini Syarifah melaunching program Salam Sak Jangkah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang Adminduk.

Kegiatan ini bertempat di Desa Purworejo Kecamatan Sanan Kulon Kabupaten Blitar, dan diikuti langsung oleh 12 Kepala Desa di 3 Kecamatan.

Masing-masing Desa Purworejo, Desa Sumberingin,Desa Sumberjo Kecamatan, Desa Bacem (Ponggok), Desa Temenggungan, Desa Mangunan, Desa Besuki, Desa Gandekan, Desa Kebomsari, Desa Kedung Banteng, Desa Pandanarum dan Desa Bacem – Sutojayan, Rabu (31/3/2021).

Rini mengatakan, pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Blitar terus diperbarui, sehingga mudah dan tidak berbelit-belit.

“Dengan Program ‘Salam Sak Jangkah’ ini masyarakat yang membutuhkan layanan Kependudukan dan Catatan Sipil tidak perlu ke Kantor Dispendukcapil, namun warga cukup datang sekali ke Kantor Desanya masing-masing, atau cukup dari rumah dan membuka aplikasi dengan handphone nya sendiri-sendiri. Nanti kalau sudah jadi maka dokumen akan diantar sampai ke rumahnya masing-masing.”terang Rini Syarifah,Bupati Blitar.

Nantinya, program ini akan diikuti oleh masing-masing Kecamatan di wilayah Kabupaten Blitar. Dengan menerapkan program tersebut, masyarakat cukup datang ke kantor Desa/Kelurahan. Sehingga segala permasalahan tentang Adminduk akan selesai atau dinamakan Salam Sak Jangkah.

Bupati Blitar Rini Syarifah para kades tanda tangani program Salam Sak Jangkah

“Artinya, masyarakat cukup satu langkah untuk mengurus Adminduk di kantor Desa/Kelurahan. Tidak perlu ke Dispenduk,” tambah Bupati Blitar.

Rini menegaskan, dokumen kependudukan wajib dimiliki oleh setiap orang sebagai salah satu bukti perlindungan negara. Sehingga layanan Adminduk di Kabupaten Blitar terus dibenahi. Sementara itu, pelayanan publik merupakan salah satu dari lima prioritas kerja Bupati dan Wakil Bupati Blitar.(mua)