Batik Pamekasan Siap Go International

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Kelompok Usaha Bersama Pamekasan Hebat Toket (KUBPHT) melaunching batik untuk go internasional. Hal ini dilakukan demi memajukan batik tulis di Pamekasan. Acara yang dihelat di Hotel Front One di Jalan Jokotole Pamekasan juga menggandeng Pemkab Pamekasan.

Dalam Acara tersebut turut dihadiri langsung oleh Istri Wagub Jatim dan sekaligus sebagai Ketua Degranasda Jawa timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, Putri Indonesia 2020 Rr. Ayu Maulida Putri, Kepala Dinas Koperasi Jatim Dr. Mas Purnomo Hadi, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam., Sekdakab Totok Hartono beserta jajaran Forkopimda dan para tamu undangan.

Launching Batik Toket Go Internasional tersebut bertujuan untuk program penguatan sentra batik khas Pamekasan melalui KUB Batik Toket dan memperkenalkan batik tulis Pamekasan di kancah internasional agar semakin dikenal serta disukai oleh para pecinta batik nasional dan internasional.

Ketua Degranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan jika masa pandemi seperti saat ini tidak bisa membendung karya. Kreatifitas seseorang dapat terus melaju meski masa sulit.

“Terus berkarya dengan karya terbaik dan warna yang berani, karena setiap daerah mempunyai ciri khas batiknya sendiri,” ungkapnya.

“Mari bersama untuk memajukan batik tulis toket ini melalui program Pamekasan Hebat karena bekerja sama secara kelompok ini akan lebih kuat ketimbang berjuang secara individu, dan 3 kata untuk batik Pamekasan, ‘Penuh Cerita, Penuh Warna dan Beragam Motif,” serunya.

Tak ketinggalan, Putri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri menyatakan dukungannya terhadap karya batik yang baru diluncurkan tersebut.

“Saya dan atas nama Yayasan Puteri Indonesia serta PT.Mustika Ratu Indonesia sengaja menghadiri undangan ingin serta sekaligus memohon dukungan doanya untuk mengikuti perlombaan Miss Universe pertengahan bulan April untuk membawa nama Provinsi Jatim dan Indonesia. Terus bangkit Batik Toket Pamekasan,” katanya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam selalu mendukung industri yang berdiri di Kabupaten Pamekasan. Terutama home industry yang kini sedang membangun perekonomian.

“Kami selalu mendukung semua pengusaha di segala bidang, baik industri, perumahan dan retail. Karena semua itu hanya untuk Kabupaten Pamekasan yang berkembang, modern dan mampu berdaya saing dengan kabupaten lain diIndonesia,” tukasnya.

“Mari bekerja sama untuk memajukan batik tulis Pamekasan demi kabupaten ini maju dan bisa setara dengan kabupaten hebat lainnya untuk Pamekasan yang Rajjah, Bajjrah tor Parjugeh,” imbuh bupati millenial ini. (adv/ndra).