Berbagi 10 Ribu Buah Nanas, Di Festival Nanas, Sebagai Bentuk Rasa Syukur Warga Lereng Kelud Atas Kesuburan Tanah

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Sebagai bentuk syukur dan sekaligus memperkenalkan potensi tanaman nanas sebagai produk unggulan warga lereng Gunung Kelud menggelar festival buah nanas. sekitar 10 ribu buah nanas berbentuk gunungan dibagikan ke warga dan pengunjung gunung kelud setelah diarak sejauh satu kilometer.

Setiap tahun warga kecamatan ngancar yang berada di lereng gunung kelud kabupaten kediri menggelar festival buah nanas yang bertepatan dengan datangnya tahun baru hijjriyah 1440.

Selain mengenalkan nanas sebagai produk unggulan pertanian di wilayah Kecamatan Ngancar, acara festival ini sebagai bentuk rasa syukur warga lereng Kelud atas kesuburan tanah dan hasil bumi milik petani.

Festival ini diawali dengan mengarak 21 gunungan buah nanas berjalan 1 kilomter dari balai desa sugihwaras menuju lapangan parkir gunung kelud. setelah tumpeng gunungan nanas dikumpulkan di lapangan yang juga telah terdapat gunungan nanas raksasa setinggi 7 meter.

Setelah didoakan oleh sesepuh warga lereng gunung kelud, gunungan yang membutuhkan 10 ribu biji nanas ini, dibagikan ke warga dan pengunjung gunung kelud yang datang dari berbagai daerah di sekitar kediri.

Rina salah satu pengunjung mengaku dirinya rela berebut buah nanas hanya untuk turut meramaikan dan dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke kawasan wisata gunung kelud. bersama anaknya, rina hampir setiap tahun turut menghadiri festival buah nanas ini.

Suharsono plt Camat Ngancar mengaku acara ini digelar dengan melibatkan semua elemen masyarakat kecamatan ngancar, serta petani nanas di kawasan lereng kelud. Festival digelar agar produk unggulan nanas dari tahun  ketahun terus menjadi promadona dan dikenal ke daerah lain bahkan manca negara.

“Acara festival seperti ini, diharapkan petani akan lebih giat mengembangkan dan menemukan nanas jenis baru yang unggul dan siap bersaing dengan produk dari negara lain”, ujarnya

Petani di kawasan Gunung Kelud mempunyai jenis unggulan, yakni nanas madu, yang mempunyai bentuk lebih besar dibanding jenis nanas lain, juga mempunyai cita rasa manis seperti madu, queen, simplek, dan pasir kelud.(das)