Fashion Barong, Mengemas Atraksi Wisata Kelud Berbalut Budaya Kediri

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Beragam acara digelar Pemerintah Kabupaten Kediri guna memeriahkan Festival Kelud Tahun 2018. Salah satu yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri adalah Lomba Fashion Barong.

Seperti diketahui, pertunjukan seni tari barongan adalah salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Kediri. Olah gerak yang sering dipadukan dengan kesenian jaranan dan bujang ganong ini menjadi kebanggaan warga dan rutin dipentaskan di seluruh wilayah Bumi Panji Kediri.

Fashion barong digelar mulai tanggal 15 – 16 September 2018 di Area Parkir Bawah Wisata Gunung Kelud. Diikuti sebanyak 32 kontingen dari dalam dan luar Kabupaten Kediri. Tercatat, kontingen dari Kabupaten Pasuruan, Nganjuk, Trenggalek dan Kota Kediri turut berpartisipasi dalam gelaran ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Ir. Adi Suwignyo, MSi. mengatakan kegiatan ini merupakan sarana memadukan antara atraksi wisata dan budaya. Bingkai utamanya adalah memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar Kelud. Melalui pengenalan ragam kemasan destinasi wisata sekaligus menikmati pertunjukan seni dan budaya.

“Bicara Kelud adalah mengenai bangunan sejarah peradaban Indonesia dari nenek moyang. Oleh karena itu membangun pariwisata Gunung Kelud haruslah kita bergandengan tangan dengan aspek budaya yang dimiliki,” jelasnya kepada kominfo Minggu, (16/9).

“Dengan adanya fashion barong ini diharapkan dapat menjadi wadah para seniman menggali potensi kreasi mereka. Sekaligus usaha kita dalam menjaga kearifan lokal dan warisan luhur seni dan budaya serta mengenalkan kepada generasi anak cucu kita,” tambahnya.

Sebagai informasi, terdapat tiga kategori yang dilombakan dalam Fashion Barong tahun 2018 ini, yakni kategori penyaji terbaik, pemecut terbaik, dan busana terbaik. Berikut kami sampaikan beberapa nama pemenang dalam tiap kategori tersebut.

Tim penyaji terbaik diraih juara 1 Kecamatan Ngadiluwih juara 2 Kecamatan Kras, sedangkan Pemecut terbaik diraih Kecamatan Badas, katogori Busana Terbaik diraih Kecamatan Kandat.(Kominfo)