1.158 CJH Kabupaten Kediri Ikuti Pelepasan dan Manasik Haji 1440 H

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48281090252_16a296d021_b.jpg
Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H. Sulkani, Kepala Kemenag Kabupaten Kediri A. Zuhri beserta jajaran, dan para Kepala OPD menyalami calon jemaah haji. (Foto: arahjatim.com/kominfo/das)

Kediri, ArahJatim.com – Pemerintah Kabupaten Kediri dengan Kementerian Agama Kabupaten Kediri mengadakan Bimbingan Manasik Haji Massal II dan Pelepasan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kediri 1440 H/ 2019 M. Acara ini digelar di Gedung Bhagawanta Bhari, Rabu (10/7).

Hadir di acara ini Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H. Sulkani, Kepala Kemenag Kabupaten Kediri A. Zuhri beserta jajaran, para Kepala OPD, pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), pimpinan Ormas, serta para petugas dan pembina CJH.

Kepala Kemenag mengatakan, para calon jamaah Haji Kabupaten Kediri akan tergabung pada kloter 36, 37, 38 dan ada juga di kloter 64.

“Jumlah keseluruhan calon jamaah haji Kabupaten Kediri sebanyak 1.158 orang yang terdiri dari 528 pria dan 630 wanita,” jelas A. Zuhri, yang baru menjabat sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Kediri ini.

Sebagai informasi, sebelum diberangkatkan ke tanah suci para calon jemaah haji sudah melaksanakan bimbingan manasik haji di tingkat kecamatan sebanyak enam kali dan di tingkat kabupaten sebanyak dua kali, termasuk pertemuan pada hari ini.

Dalam sambutannya Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan, kegiatan manasik ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai tahapan haji yang baik dan sesuai dengan syariat Islam. Selain itu juga ada bimbingan untuk menyesuaikan kehidupan di tanah suci.

Bupati Haryanti juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi instruksi dari pembimbing calon jemaah haji.

“Suhu akhir-akhir ini di Tanah Suci Mekkah mencapai 46 derajat celcius. Untuk itu bagi para calon jamaah agar tidak memaksakan diri terus-menerus terkena paparan sinar matahari dan tidak lupa untuk memperbanyak minum,” pesannya.

“Pada tanggal 17 dan 18 Juli 2019 nanti, Pemerintah Kabupaten Kediri akan memberikan fasilitas gratis transportasi dan jasa kebutuhan dalam pemberangkatan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya hingga nanti sepulang haji dari asrama kembali lagi ke Kabupaten Kediri,” imbuhnya.

Terakhir beliau menitipkan pesan kepada seluruh calon jemaah haji untuk mendoakan Kabupaten Kediri agar selalu dalam keadaan tenang, aman dan kondusif. (Kominfo)