Update Covid-19 di Banyuwangi: Total 225 Kasus, 84 Sembuh, 132 Dirawat, 9 Meninggal Dunia

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Banyuwangi bertambah 12 kasus baru. Bersamaan itu, tiga pasien konfirmasi juga dinyatakan telah sembuh. 

“Sehingga pada hari ini, tercatat dari 225 kasus covid, ada 84 pasien dinyatakan sembuh. Dalam perawatan 132 orang, dan sembilan meninggal dunia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Rabu (26/8/2020).

Pasien yang tercatat sembuh per hari ini adalah pasien 85, 92, dan 94. Yakni dua orang tenaga kesehatan dan satu kontak eratnya.

Rio, sapaan akrab Widji Lestarino, mengungkapkan, sebagian pasien yang hari ini dinyatakan positif covid merupakan santri di salah satu pondok pesantren. Total ada tambahan tujuh santri yang hasil uji swabnya terbukti terinfeksi virus corona.  

“Rinciannya empat santri yang ada di asrama pondok, sedang tiga lainnya adalah santri yang sedang pulang ke rumahnya,” jelas Rio.

Untuk kasus konfirmasi lainnya adalah tiga orang pasien suspek yang sedang rawat inap di RSUD Blambangan, serta penambahan kasus dari kontak erat pasien konfirmasi sebelumnya.

“Kami juga sudah menerima hasil adanya satu tenaga kesehatan asal Kecamatan Genteng yang terkonfirmasi positif covid-19. Yang bersangkutan sudah melakukan isolasi,” jelas Rio.  

Untuk itu, Rio terus mengimbau pentingnya penerapan protokol kesehatan, baik saat di rumah, maupun saat beraktivitas di luar rumah. Ini penting dilakukan untuk mencegah transmisi lokal covid.

“Siapapun, saat ini wajib waspada dan benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan baik karena kasus covid-19 di Banyuwangi terus naik. Siapa pun sangat mungkin terinfeksi covid. Transmisi lokal sangat mungkin terjadi,” pungkas Rio. (adv.hmsbwi/ful)