Undang Kedua Bapaslon, Polres Blitar Gelar Deklarasi Pilkada Damai

oleh -
Kapolres Blitar, kedua Bapaslon, anggota KPU dan Bawaslu saat deklarasi pilkada damai, Kamis (10/9/2020). (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Jelang Pilkada Kabupaten Blitar Tahun 2020, Polres Blitar menggelar deklarasi pilkada damai, dengan mengundang dua bakal pasangan calon (bapaslon) Pilkada Kabupaten Blitar tahun 2020, yakni Rijanto – Marhaenis dan Mak Rini – Makdhe Rahmad, Kamis (10/9/2020).

Deklarasi yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi jelang pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19 ini juga sekaligus melakukan gerakan penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan bagi-bagi masker. Selain dua Bapaslon, penandatanganan deklarasi damai sendiri juga dilakukan oleh perwakilan partai pengusung, Kapolres Blitar, FKUB, Dandim 0808, Danyon, KPU, serta Bawaslu.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan acara ini dengan mengundang kedua bapaslon untuk melakukan deklarasi pilkada damai. Tak hanya itu, juga sekaligus mengimbau kepada para pendukung kedua bapaslon agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat nanti berkampanye.

“Kita juga akan memberikan sanksi kepada pendukung bapaslon jika nanti tidak menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya usai deklarasi.

Dengan mengendarai truk, Kapolres Blitar bersama dua bakal pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Blitar berkeliling wilayah Kabupaten Blitar untuk menyerukan deklarasi damai Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

“Kita bersama dua bapaslon juga mengimbau dan menyerukan kepada masyarakat agar menerapkan adaptasi kebiasaan baru untuk menekan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Sebelum melakukan penandatanganan deklarasi damai, kedua bapaslon juga melakukan sambutan dan ajakan untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan saat melalui tahapan Pilkada 2020 sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020. (mua)