Terapkan Social Distancing, TNI/ Polri Banyuwangi Bubarkan Kerumunan Warga

oleh -

Banyuwangi, Arahjatim,com – Menindaklajuti Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Korona (Covid-19), jajaran kepolisian Polresta Banyuwangi, melakukan sosialisasi pencegahan virus corona di sejumlah tempat yang banyak didatangi warga, Senin (23/3/2020) malam. Bersama personel TNI dan Satpol PP, polisi berpatroli di jalanan perkotaan, pasar serta tempat yang dijadikan warga untuk berkumpul agar mereka segera pulang ke rumah masing-masing.

Menggunakan pengeras suara, kegiatan yang dipimpin Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin tersebut mengimbau warga untuk tidak menganggap remeh virus yang sudah banyak memakan korban jiwa. Warga diminta untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit.

Masyarakat diimbau untuk menerapkan social distancing, mengurangi kegiatan di luar rumah maupun berkumpul dengan banyak orang di suatu tempat. Untuk sementara waktu warga diminta berdiam diri di dalam rumah masig-masing hingga virus corona berhasil ditangani.

Selain itu, sebagai langkah persuasif, petugas juga melakukan tindakan pembubaran kerumunan warga yang masih banyak terjadi di tengah merebaknya virus corona.

“Wah, ini pasti gara-gara corona kita tidak bisa kumpul-kumpul. Ayo buyar-buyar,” celetuk salah satu warga sambil meninggalkan tempat.

 

Setelah diberikan pengertian oleh petugas akan pentingnya social distancing, akhirnya warga yang sebelumnya berkumpul langsung membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.

“Menindaklanjuti dari pencegahan virus corona, kami melakukan langkah persuasif dengan membubarkan kerumunan orang di suatu tempat. Kita minta warga agar tidak lagi berada di luar rumah, berkumpul banyak orang dan lebih baik berdiam diri di dalam rumah,” tegas Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin usai memimpin patroli.

Patroli pembubaran kerumunan massa di tempat umum maupun di lingkungan perkampungan akan terus dilakukan oleh pihak kepolisian dan TNI sebagai langkah pencegahan menularnya virus corona dengan waktu yang tidak terjadwal. Masyarakat diminta untuk patuh menerapkan social distancing agar penyebaran virus corona tidak semakin menyebar luas.

“Jangan lupa untuk kebersihan diri agar kita selalu cuci tangan, kedua jaga jarak jika kita berkomunikasi minimal satu meter, selalu gunakan masker, dan kegiatan pencegahan ini memang harus dimulai dari kesadaran diri kita sendiri,” imbuh mantan Wadir Reskrimsus Polda Jawa Timur ini. (ful)