Banjir Landa Permukiman Warga Akibat Sungai Bondoyudo Meluap

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Hujan deras berjam-jam lamanya menyebabkan Sungai Bondoyudo di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono Lumajang Jawa Timur meluap. Akibatnya, permukiman warga di Perumahan Biting Indah mengalami banjir yang melumpuhkan aktivitas warga pada Senin (08/01/2018) dini hari.

Luapan Sungai Bondoyudo menyebabkan permukiman warga di Perumahan Biting Indah banjir. (Foto: rokhmad/ArahJatim.com)

Air bercampur lumpur ini meluap dari Sungai Bondoyudo karena tak kuat menampung besarnya debit air hujan. Ketinggian air mencapai satu meter di jalan melumpuhkan akses jalan penghubung antar Desa, kutorenon dengan Desa Wonorejo. Mobil warga yang yang nekat melewati jalan tersebut mogok.

“Banjirnya ini setinggi satu lutut ya pak, gak bisa lewat, ya mau balik arah saja,” keluh Suparman (32) tahun yang hendak melewati jalan di Perumahan Biting Indah.

Banjir tersebut merupakan banjir kedua. Banjir ditengarai disebabkan pendangkalan di sungai. Sehingga ketika terjadi hujan lebat, debit air membesar dan meluap. Warga berharap ada perhatian dan penyelesaian dari pemerintah Kabupaten Lumajang agar warga terbebas dari banjir. (rokhmad)